Sejarah Cagar Budaya SMPN 1 Pariaman di Kota Pariaman

×

Sejarah Cagar Budaya SMPN 1 Pariaman di Kota Pariaman

Bagikan berita
Cagar Budaya SMPN 1 Pariaman di Kota Pariaman
Cagar Budaya SMPN 1 Pariaman di Kota Pariaman

Pembangunan yang pasti dari sekolah ini tidak dapat diketahui dengan jelas. Namun dilihat dari arsitektur dan struktur bangunan, diperkirakan bangunan ini dibangun sekitar tahun 1900 s.d 1920-an.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Kampung Jawa (Legiun Veteran) di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Bangunan SMP 1 Pariaman berada di Jalan Mohammad Syafei atau diantara bangunan perkantoran Bupati Kabupaten Padang Pariaman dan Pertokoan/Pasar.

Dalam SMP 1 Pariaman ini terdiri dari 4 bangunan. 3 bangunan lainnya merupakan bangunan baru atau dibangun jauh sesudah berdirinya bangunan peninggalan Belanda.

Bangunan SMP 1 Pariaman yang lama ini berdiri sejajar dengan jalan dengan ukuran panjang 109 meter dan lebar 12 meter. Bangunan SMP 1 ini terdiri dari beberap bagian ruang yang berfungsi sebagai ruang guru dan kelas.

Pada bagian tengah ruang merupakan akses masuk ke bagian halaman dalam sekolah. Atap bangunan terbuat dari genteng berbahan tanah liat berbentuk limasan, pada sudut-sudut atap terdapat hiasan berbentuk anak catur.

Sebagian besar bukaan sudah diganti dengan bahan baru, seperti jendela dan pintu tetapi bentuknya masih mempertahankan bentuk aslinya. Bagian depan dari bangunan ini sudah diberi atap tambahan dari atap multiroof dan diberi gonjong.

Fungsi

Sekolah

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini