Sejarah Cagar Budaya Toko Pariaman Optik di Kota Pariaman

×

Sejarah Cagar Budaya Toko Pariaman Optik di Kota Pariaman

Bagikan berita
Cagar Budaya Toko Pariaman Optik di Kota Pariaman
Cagar Budaya Toko Pariaman Optik di Kota Pariaman

SEMANGAT DATA - Toko Pariaman Optik menjadi salah satu cagar budaya tidak bergerak yang ada di Kota Pariaman, Sumatra Barat (Sumbar).

Toko Pariaman Optik tercatat sebagai cagar budaya di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar dengan nomor inventaris 27/BCB-TB/A/07/2007.

Lokasi Toko Pariaman Optik ini tepatnya berada di Jalan Sutan Syahril – Kelurahan Kampung Perak, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman.

Secara astronomis, cagar budaya ini berada di titik: S0° 37' 34.790" dan E100° 7' 5.266".

Baca: Sejarah Cagar Budaya Rumah Bagindo Musa di Kota Pariaman

Sedangkan secara geografis, situs cagar budaya Toko Pariaman Optik berada di dataran rendah (pusat pertokoan) dengan bentang lahan datar serta memiliki ketinggian 8 mdpl.

Toko Pariaman Optik ini memiliki luas bangunan 210 meter persegi yang berdiri di lahan 65 x 43 meter (2.795 meter persegi). Objek ini mudah dijangkau dan dapat diakses menggunakan kendaraan roda 4 dan 2.

Pemilik dan pengelola Toko Pariaman Optik adalah ahli waris Mohammad Sholeh.

Sejarah atau Historis

Pariaman adalah sebuah kota pelabuhan (entrepot) yang sudah tua usianya. Kota ini pernah melahirkan seorang pedagang besar pada abad ke-19, yaitu Moehammad Saleh Datoek Orang Kaya Besar Moehammad Saleh lahir tahun 1841 di Desa Pasir Baru, Pariaman.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini