Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Tungka Utara di Kota Pariaman

×

Sejarah Cagar Budaya Pillbox Jepang Tungka Utara di Kota Pariaman

Bagikan berita
Cagar Budaya Pillbox Jepang Tungka Utara di Kota Pariaman
Cagar Budaya Pillbox Jepang Tungka Utara di Kota Pariaman

Pillbox Jepang Tungka Utara merupakan salah satu dari sekian banyak bangunan pertahanan yang dibuat oleh tentara Jepang pada masa pendudukannya (1942-1945) di wilayah pesisir barat Sumatera pada era Perang Dunia II.

Pillbox ini diperkirakan dibangun pada masa akhir kekuasaan Jepang 1944-1945, saat di mana tentara kekaisaran Jepang sudah mulai bersifat defensif (dari sebelumnya ofensif) guna mempertahankan daerah kekuasaan dari serangan Sekutu.

Baca: Sejarah Cagar Budaya Stasiun Kereta Api Naras di Kota Pariaman

Deskripsi Arkeologis

Benteng Pertahanan Jepang Tungkal Utara merupakan benteng pertahanan berbentuk Pillbox dan memiliki bentuk dasar persegi enam dengan ukuran 2,8 x 2,6 meter.

Pada sisi utara, selatan, dan timur terdapat lubang intai. Lubang intai di sisi utara memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan lubang intai yang berada di sisi selatan dan timur. Ukuran lubang intai pada sisi selatan dan timur sekitar 1,1 x 0,3 meter.

Bahan dari Pillbox ini terbuat dari coran semen dicampur dengan pasir dan kerikil. Letak dari Pillbox Jepang Tungkal Utara saat ini berada di samping rumah penduduk.

Fungsi

Pertahanan

Sumber: BPCB Sumbar

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini