Situs Cagar Budaya Gereja GPIB, Kota Padang

×

Situs Cagar Budaya Gereja GPIB, Kota Padang

Bagikan berita
Situs Cagar Budaya Gereja GPIB, Kota Padang
Situs Cagar Budaya Gereja GPIB, Kota Padang

SEMANGAT DATA - Salah satu cagar budaya yang ada di Kota Padang adalah Gereja GPIB, Gereja GPIB ini tercatat dengan inventaris Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dengan No. 27/BCB-TB/A/01/2007.

Situs cagar budaya ini beralamat di Jalan Jl. Bagindo Azis Chan Kelurahan Kampung Jao Kecamatan Padang Barat Kabupaten/kota Padang Provinsi Sumatera Barat

Untuk mencapai Gereja ini cukup mudah, karena lokasi situs berada di dekat jalan raya. Dapat diakses dengan kendaraan bermotor.

Secara astronomis, lokasi ini berada pada garis lintang 0˚ 56’ 56.3” S 100˚ 21’ 47.6” E

Deskripsi Hostoris,

Tahun pembangunan gereja ini tidak diketahui. Gereja GPIB ini merupakan pengganti gereja protestan yang rusak karena gempa bumi pada tahun 1855, gereja tersebut berada di Lapangan Dipo.

Selain karena rusaknya gereja yang sebelumnya, pembangunan gereja ini lebih dikarenakan rasa iri karena peme- rintah Belanda mendirikan Mesjid baru di Kutaraja (Aceh) sebagai pengganti mesjid yang hancur dalam perang Aceh.

Maka dibangunlah gereja GPIB ini dengan hasil sumbangan dari pemerin-tah Kolonial sebanyak 7.000 Gulden ditambah dengan sumbangan yang diperoleh dari masyarakat Protestan.

Salah seorang penyumbang terbesar ialah cukong terkenal di Padang yaitu Lie Saay. Gereja GPIB ini secara resmi dibuka pada tahun 1881.

Deskripsi Arkeologis,

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini