UMKM Cuma Modal Rp600 Ribu Saja Bisa Langsung Buka Usaha, Caranya?

×

UMKM Cuma Modal Rp600 Ribu Saja Bisa Langsung Buka Usaha, Caranya?

Bagikan berita
Ilustrasi Mitra Indomaret bagi UMKM (foto: Indomaret)
Ilustrasi Mitra Indomaret bagi UMKM (foto: Indomaret)

HALONUSA - Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) bisa modal Rp600 ribuan atau kurang dari sejutaan, untuk bisa buka usaha bisnis.

Bagi pengusaha pemula, dapat jadikan cara ini sebagai peluang dalam berbisnis yaitu dengan jadi Mitra Indomaret atau sewa lahan mereka.

Biasanya, kendala seseorang membuka usaha ada pada fasilitas tempat atau bahkan gerobak yang harganya jutaan rupiah jika dibeli sendiri.

Tapi sebagai Mitra Indomaret, fasilitas gerobak bisa di sewa Rp100 ribu per bulan saja untuk pelaku UMKM bisa jualan di depan teras Indomaret.

Lokasi tersebut dapat jadi ladang cuan, karena tentunya banyak orang yang membeli segala keperluan di Indomaret. Kalau ada jualan tertentu, mungkin akan tingkatkan minat beli.

Jadi, harga sewa teras Indomaret mulai dari Rp250-500 ribu per bulan, tergantung lokasi atau mungkin kesepakatan terkait. Maka anggaplah misal, kamu dapat jatah Rp500 ribu.

Kondisinya tentu, sewa Rp500 ribu sebulan ini adalah lokasi Indomaret yang lebih banyak pengunjung dan memungkinkan usaha bisnis milikmu akan lebih cepat laku.

Rincian Bisnis UMKM Modal Rp600 Ribu

Jika dirincikan, sewa teras Rp500 ribu dan gerobak Rp100 per bulan, maka modal awal yang pelaku UMKM keluarkan hanya Rp600 ribu. Setelahnya, tergantung kamu lagi terkait ide jualannya.

Namun biasanya agar lebih cuan, pelaku UMKM bisa mulai dari jualan makanan atau sejenis cemilan yang tidak terlalu mengenyangkan. Sehingga, potensi dagangan cepat habis akan sangat mungkin.

Agar memperoleh kesempatan modal kurang dari sejuta, pelaku UMKM bisa pilih ide usaha dengan modal awal Rp300-400 ribuan saja. Biasanya sih, memang rata-rata makanan jenis cemilan bermodal segitu.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini