UMKM Internasional 27 Juni 2024 Tema Berantas Kemiskinan, Ini 4 Caranya!

×

UMKM Internasional 27 Juni 2024 Tema Berantas Kemiskinan, Ini 4 Caranya!

Bagikan berita
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)

4 Cara Realisasi Tema UMKM Internasional Agar Berantas Kemiskinan

Pertama, bagi pemerintah sendiri, terutama di Indonesia, diharapkan agar terus konsisten berikan pendanaan bagi wiraswasta untuk memicu tingkat memotivasi mereka dalam berbisnis seperti yang selama ini dilakukan.

Akibatnya, program tersebut dapat menumbuhkan sikap bagi pengusaha atau pun pebisnis baru agar mulai menjadi pelaku UMKM meski harus mulai dari hal kecil dulu sebagai langkah persiapkan negara maju 2045.

Kedua, pemerintah dapat mengadakan program seminar yang berisi beragam pengetahuan dalam berwiraswasta. Mungkin, difasilitasi banyak kegiatan gratis dulu agar pelaku UMKM yang ikut semakin meningkat.

Begitu pula bagi pelaku UMKM, dapat mengikuti segala jenis seminar yang diadakan pemerintah sebagai metode sharing informasi terkait dunia kewiraswastaan agar terbentuk habit dalam melakukannya pada jangka panjang.

Ketiga, pemerintah dapat perluas koneksi bisnis pelaku UMKM dengan membuka peluang perdagangan ke luar negeri. Memberi pendanaan pinjaman berbungan rendah seperti KUR misalnya, agar terpenuhi kebutuhan bahan baku berjumlah besar.

Maka dari itu agar harapan tersebut jadi kenyataan, para pelaku UMKM harus konsisten dalam berbisnis dan menghasilkan produk usaha berkualitas yang layak dijual di pasar Internasional.

Keempat, baik pemerintah atau pun masyarakat sendiri dapat mencoba berkampanye di media sosial dan menyuarakan habit membuka usaha agar menggaet lebih banyak generasi muda. Salah satu caranya, yaitu dengan bagikan artikel ini ke akun Sosmed.

Terakhir, jangan lupa lampirkan tagar #MSMEDay2024 dan #SupportLocalMSMEs agar lebih banyak generasi muda yang memiliki cara pandang baru dan mengubah pola pikir bahwa dari berbisnis serta jadi pelaku UMKM akan sangat menguntungkan semua pihak. (*)

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini