UMKM Internasional 27 Juni 2024 Tema Berantas Kemiskinan, Ini 4 Caranya!

×

UMKM Internasional 27 Juni 2024 Tema Berantas Kemiskinan, Ini 4 Caranya!

Bagikan berita
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Pada hari ini, Kamis 27 Juni 2024 diperingati sebagai Hari UMKM Internasional atau MSMEs Day dengan tema berantas kemiskinan.

Penetapan tema Hari UMKM Internasional sudah dilakukan oleh Majelis Utama PBB jauh-jauh hari, sama seperti aturan perayaan setiap tanggal 27 Juni.

PBB pertama kali menetapkan 27 Juni sebagai Hari UMKM Internasional sejak April 2017 lalu, dengan latar belakang beri apresiasi bagi para pebisnis.

Karena keberadaan pebisnis dalam mengelola usaha UMKM mereka di seluruh dunia, sangat berpengaruh positif terhadap pertumbuhan ekonomi hingga diharapkan bisa atasi krisis.

Seperti yang diketahui, kemiskinan adalah salah satu krisis dunia yang jika dibiarkan akan mengakibatkan resesi dan membuat banyak manusia kesulitan mendapatkan bahan pangan.

Itulah tujuan dari tema peringatan Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 ini yaitu, agar keberadaan para pebisnis dan pengusaha dalam jalankan UMKM dapat menghadapi segala jenis krisis.

Apalagi sejak 2020, telah terjadi kemerosotan ekonomi pasca Covid-19. Belum lagi tantangan setiap negara saat hadapi pemilu, tentu banyak pendanaan yang dikeluarkan. Begitu pula, dengan perang.

Makannya Tema, "Leveraging Power and Resilience of Micro-, Small and Medium-sized Enterprises to Accelerate Sustainable Development and Eradicate Poverty in Times of Multiple Crises' sangat dibutuhkan realisasinya.

Atau dapat diartikan sebagai, "Pemanfaatkan kekuatan dan ketangguhan pelaku UMKM dalam percepatan pembangunan berkelanjutan untuk berantas kemiskinan saat krisis melanda."

Untuk dapat mewujudkan tema Hari UMKM Internasional atau MSMEs Day 27 Juni 2024 ini, ada beberapa cara yang bisa dilakukan, baik oleh pemerintah dan atau pun masyarakat sendiri.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini