Latar Belakang PBB Tetapkan Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

×

Latar Belakang PBB Tetapkan Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024

Bagikan berita
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Majelis Utama PBB (Perserikatan Bangsa Bangsa) menetapkan Hari UMKM Internasional atau MSMEs Day, pada 27 Juni 2017.

Penetapannya telah dilakuan sejak April 2017 dan terus diperingati setiap tahunnya hingga 2024 ini, dengan berbagai publikasi tema serta tujuan.

Peringatan 27 Juni 2024 kali ini mengangkat tema, "Pemanfaatkan kekuatan dan ketangguhan pelaku UMKM dalam percepatan pembangunan berkelanjutan untuk berantas kemiskinan saat krisis melanda."

Sementara tujuannya yaitu, agar tercapai Pembangunan Berkelanjutan PBB (SDGs) yang dapat mentranformasi potensi ekonomi agar semakin meningkat lagi.

Salah satu metode yang diberlakukan yaitu dengan penciptaan lapangan kerja, supaya mampu mendorong pertumbuhan ekonomi hingga dapat beradaptasi terhadap segala krisis sampai pandemi.

Maka dari itu, diperlukan tindakan dalam menyoroti peran penting pelaku UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) agar bisa eksplore peluang demi kemajuan lebih lanjut untuk mendukung pertumbuhan ekonomi global.

Latar Belakang Peringatan Hari UMKM Internasional

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa Hari UMKM Internasional telah ditetapkan oleh PBB sejak April 2017 dan peringatannya dilakukan pada tanggal 27 Juni setiap tahunnya hingga sekarang.

Terkait latar belakangnya adalah, karena UMKM disebut sebagai penyumbang keuntungan terbesar bagi perekonomian dunia. Bahkan tahun 2024 ini, diharapkan memenuhi tujuan agar mampu hadapi krisis.

Apalagi sejak pandemi Covid-19, banyak negara yang mengalami resesi hingga kesulitan mendapatkan makanan. Maka dari itu, keberadaan pelaku UMKM menjadi tombak utama supaya menjadi pihak penolongnya.

Dapat disimpulkan bahwa, dari tema Hari UMKM Internasional 2024 ini dalam realisasinya agar keberadaan UMKM tidak akan terganggu fungsinya meski krisis hingga pandemi dunia sedang melanda.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini