4 Tindakan Pemerintah dan Masyarakat Peringati Hari UMKM Internasional

×

4 Tindakan Pemerintah dan Masyarakat Peringati Hari UMKM Internasional

Bagikan berita
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)

Sementara yang bisa masyarakat lakukan, yaitu mencoba untuk menjadi pengusaha meski harus memulai dari hal kecil agar tercapai tujuan persiapkan negara maju 2045.

2. Ikut Seminar

Tindakan kedua yang bisa masyarakat lakukan, yaitu dengan menghadiri banyak seminar yang menambah ilmu pengetahuan terkait kewiraswastaan dan pemerintah sendiri juga sudah mewadahi.

Beberapa kota di Indonesia, terutama di Pulau Jawa sudah banyak menggelar acara ini. Entah memang difasilitasi dengan gratis, atau pun diharuskan mengeluarkan sejumlah biaya.

Bahkan, jika pelaku UMKM mengajukan pinjaman bank jenis KUR Super Mikro dengan pendanaan maksimal Rp10 juta di Mandiri, juga akan mendapatkan fasilitas pelatihan tersebut.

3. Perluang Jangkauan

Ketiga, masyarakat yang telah ikut seminar dalam rangka menambah ilmu pengetahuan terkait kewiraswastaan tadi juga bisa tambah networking serta memperluas jangkauan pengenalan kepada konsumen.

Kalau dari pemerintah sendiri, bisa buat kebijakan yang menguntungkan bagi pelaku usaha kecil sampai besar serta memperbesar potensi ekspor ke luar negeri agar penjualan pelaku UMKM semakin meningkat omsetnya.

Jika pendapatan bagi pelaku UMKM makin besar, maka keuntungan bagi negara juga berbanding lurus karena para pebisnis dan pengusaha tersebut akan dibebankan pembayaran pajak yang juga besar.

4. Potensi Media Sosial - Kampanye

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini