4 Tindakan Pemerintah dan Masyarakat Peringati Hari UMKM Internasional

×

4 Tindakan Pemerintah dan Masyarakat Peringati Hari UMKM Internasional

Bagikan berita
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Hari UMKM Internasional 27 Juni 2024 (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Ada 4 tindakan yang bisa pemerintah dan masyarakat lakukan dalam memperingati Hari UMKM Internasional, 27 Juni 2024.

Penjelasan rincinya akan dibahas tuntas pada artikel ini, sebagai metode apresiasi bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Seperti yang diketahui sebelumnya, bahwa pelaku UMKM di seluruh dunia telah menjadi penyumbang terbesar terhadap kestabilan ekonomi dunia.

Makanya sejak April 2017, Majelis Utama PBB menetapkan Hari UMKM Internasional atau MSME's Day diperingati pada tanggal 27 Juni tiap tahunnya.

Sekedar informasi bahwa jika suatu negara memiliki pengusaha UMKM lebih dari 12%, maka akan membuat negara tersebut berstatus sebagai negara maju.

4 Tindakan Peringati Hari UMKM Internasional

Karena itulah, penting untuk memperingati Hari UMKM Internasional 27 Juni atau MSMEDay2024 dan bisa dilakukan oleh pemerintah serta masyarakat bersama-sama.

1. UMKM Lokal

Untuk mensukseskan tindakan UMKM lokal ini, pemerintah diharapkan dapat memberikan pendanaan bagi wiraswasta agar lebih memotivasi mereka dalam berbisnis.

Mungkin bagi UMKM pemula, dapat diberikan bantuan awal sampai punya usaha yang sedikit berkembang dalam kurun waktu 6 bulan hingga kemudian baru ajukan pinjaman.

Di Indonesia sendiri, sudah banyak program pemerintah yang mengalokasikan hal tersebut. Bahkan, pendanaan pinjaman dari Bank juga difasilitasi bunga bersubsidi.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini