5 Penyebab Kegagalan UMKM Bersaing di Dunia Digital dan 3 Solusinya

×

5 Penyebab Kegagalan UMKM Bersaing di Dunia Digital dan 3 Solusinya

Bagikan berita
Ilustrasi Digitalisasi UMKM (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Digitalisasi UMKM (foto: ideogram AI)

Apalagi, ada faktor ketiga yaitu kurang dukungan kebijakan. Makanya, penting untuk menentukan siapa pemimpin agar regulasi bisnis dapat terus berjalan baik.

Bahkan, faktor keempat yaitu tak ada mentor bisnis menjadi masalah lain. Dimana dalam berbisnis karena UMKM juga wajib evaluasi, artinya sekalian terus belajar dalam memasarkan produk yang dimiliki agar sukses besar.

Terakhir faktor kelima, infrastruktur tidak memadai menjadi tantangan lain dalam mengembangkan usaha bagi para pebisnis.

Solusi UMKM Bersaing di Dunia Digital

Maka dari itu, mari simak 3 Solusi UMKM agar dapat bersaing di Dunia Digital yaitu dengan melakukan Marketing yang baik dan melengkapi segala operasional serta inventory hingga tingkatkan value dari produk tersebut.

1. Marketing

Youtuber Raymond Chin dalam videonya, menyarankan agar UMKM melakukan Live TikTok 24 jam dalam 7 hari agar meningkatkan penjualan dan memperoleh omset hingga Miliaran Rupiah sebagai salah satu teknik Digital Marketing yang handal jaman sekarang.

Selain itu, dapat pula memanfaatkan sosmed lain seperti Facebook dan Instagram atau bahkan membuat thread di Twitter (X) dengan menuliskan konten yang layak dibaca serta melampirkan beberapa produk UMKM milikmu.

2. Operasional

Selain memaksimalkan teknik digital marketing, pelaku UMKM harus juga mewadahi semua keperluan operasional seperti inventori barang dan stock tertentu dengan maksud memudahkan pengelolaan menggunakan sistem serba online.

Ini menjadi tantangan tersendiri karena menurut Youtuber Raymond Chin, 90% UMKM di Indonesia masih menggunakan sistem manual yang berakibat pada proses lama serta berdampak terhadapa keefektivan bisnis.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini