5 Penyebab Kegagalan UMKM Bersaing di Dunia Digital dan 3 Solusinya

×

5 Penyebab Kegagalan UMKM Bersaing di Dunia Digital dan 3 Solusinya

Bagikan berita
Ilustrasi Digitalisasi UMKM (foto: ideogram AI)
Ilustrasi Digitalisasi UMKM (foto: ideogram AI)

HALONUSA - Berikut penyebab kegagalan UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) di dunia digital, beserta solusi dalam mengatasinya.

Seperti yang diketahui, tentunya pelaku UMKM memiliki kesulitan dalam memulai bisnis hingga mengembangkan usaha mereka menjadi besar.

Ada banyak faktor kegagalan seperti kurangnya digitalisasi berupa pembiayaan, pelatihan dan dukungan kebijakan serta tak adanya mentor bisnis.

Bahkan, infrastruktur tidak memadai juga jadi faktor lain seperti pendataan responden dari Kata Data yang dikutip oleh publikasi artikel ukmindonesia.

Selain itu, simak juga solusi mengatasi hal tersebut agar dapat memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM yang sangat berkontribusi besar terhadap negara.

Sekedar informasi bahwa semakin banyak pengusaha dari berbagai sektor UMKM di Indonesia, dapat membantu negara ini menuju negara maju tahun 2045.

Penyebab Kegagalan UMKM

Penjelasan pendataan laman Kata Data dalam survei mereka yang dikutip oleh portal ukmindonesia, bahwa ada 5 penyebab kegagalan UMKM Bersaing di Dunia Digital.

Dimana per 2022 jumlah para pebisnis mencapai 64 juta usaha dan 19 juta di antaranya menguasai pasar digital, hal inilah yang menjadi penyebab utama kegagalan UMKM karena belum digitalisasi

Sehingga faktor pertama Penyebab Kegagalan UMKM yaitu kurangnya pembiayaan, sebab transaksi online sekarang terus bertumbuh lebih pesat dari offline secara signifikan.

Kedua, para pelaku UMKM yang sudah terjun dinilai belum memiliki pelatihan digital yang layak. Sehingga ketika eksekusi, menjadikan banyak faktor kemunduran.

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini