Perempuan Minang Terkaya di Indonesia, Pemilik Perusahaan dan Wanita Paling Berpengaruh di Asia

×

Perempuan Minang Terkaya di Indonesia, Pemilik Perusahaan dan Wanita Paling Berpengaruh di Asia

Bagikan berita
Nurhayati Subakat. (Foto: Istimewa)
Nurhayati Subakat. (Foto: Istimewa)

HALONUSA - Berikut dalam artikel ini akan membahas perempuang Minang terkaya di Indonesia.

Nurhayati Subakat, seorang pengusaha kosmetik dan filantropis ternama di Indonesia, merupakan pendiri dan Komisaris Utama PT Paragon Technology and Innovation, perusahaan yang mengelola merek Wardah dan beberapa merek kosmetik populer lainnya.

Sebagai pionir kosmetik halal, perusahaan ini berhasil menguasai sekitar 30% pasar kosmetik di Indonesia, menjadikannya pengusaha kosmetik nasional terbesar di tanah air.

Saat banyak pengusaha skincare yang gemar memamerkan kekayaan di media sosial, Nurhayati Subakat, yang berdarah Minang, tetap hidup sederhana bersama keluarganya, yang jarang diekspos media.

Perjalanan Hidup Nurhayati Subakat

Nurhayati lahir di Padang Panjang pada 27 Juli 1950, sebagai anak keempat dari delapan bersaudara.

Ayahnya, Abdul Muin Saidi, adalah pedagang dan pimpinan cabang Muhammadiyah di Padang Panjang, sementara ibunya bernama Nurjanah.

Menghabiskan masa kecil dan remajanya di Padang Panjang, Nurhayati menyelesaikan pendidikan dasar di Diniah Putri.

Ketika berada di tahun terakhir di pesantren, ayahnya meninggal dunia, membuatnya harus sekolah sambil membantu ibunya berdagang.

Meskipun begitu, nilai akademisnya tetap cemerlang. Ia diterima di SMA Negeri 1 Padang dan lulus sebagai juara umum pada tahun 1967.

Melanjutkan pendidikan di jurusan Farmasi Institut Teknologi Bandung (ITB), ia lulus sebagai lulusan terbaik S1 Farmasi ITB pada tahun 1975, dan setahun kemudian menyabet gelar apoteker terbaik dengan penghargaan Kalbe Pharma Award.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini