Bunga Pinjaman KUM Mandiri 2024 Ini Lebih Murah dari KUR, Benarkah?

×

Bunga Pinjaman KUM Mandiri 2024 Ini Lebih Murah dari KUR, Benarkah?

Bagikan berita
Ilustrasi KUM Mandiri (foto: Canva)
Ilustrasi KUM Mandiri (foto: Canva)

HALONUSA - Ada jenis pinjaman Bank yang memiliki bunga lebih rendah dari KUR, padahal pembayaran cicilan KUR adalah paling murah di Indonesia.

Ternyata, cicilannya disebut murah adalah karena sebelum disubsidi dari pemerintah. Jenis pinjaman Bank-nya, yaitu Kredit Usaha Mikro Mandiri.

Kredit Usaha Mikro (KUM) adalah jenis pembiayaan untuk memenuhi kebutuhan usaha produktif seperti investasi, modal kerja dan sejenisnya. Produktif ya, bukan konsumtif.

Dalam keterangannya, ENR Project Review menjelaskan bahwa proses pengajuan Kredit Usaha Mikro Mandiri relatif cepat dan mudah untuk jenis pinjaman komersial bukan dari pemerintah.

Bahkan menurutnya, KUM adalah jenis kredit termurah setelah KUR (Kredit Usaha Rakyat). "Persyaratan mudah dengan limit besar (plafon) sampai Rp500 juta dengan jangka waktu pelunasan (tenor) hingga 5 tahun.

Selain itu, KUM menetapkan aturan penyertaan agunan atau jaminan utama dan tambahan dengan suku bunga bersaing setiap bulannya. Sebelum bertransaksi, mari simak syarat dan ketentuannya.

Syarat dan Ketentuan Pengajuan KUM 2024

Pertama, kamu harus WNI yang tinggal di Indonesia dan sudah memiliki usaha minimal 2 tahun dengan lokasi serta bidang usaha sama. Kedua, usia debitur mulai dari 21 tahun atau sudah menikah hingga 60 saat kredit lunas.

Ketiga, debitur belum pernah mengajukan kredit atau jika sudah pernah dengan status pembayaran cicilan sebelumnya lancar karena pendataan lengkapnya akan dicek melalui OJK.

Dokumen Pengajuan KUM Mandiri 2024

1. KTP debitur dan pasangan (jika sudah menikah)

2. Kartu Keluarga

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar