5 Kerajaan Sebelum Ada Minangkabau, Asal-usul Sumatera Barat

×

5 Kerajaan Sebelum Ada Minangkabau, Asal-usul Sumatera Barat

Bagikan berita
Kerajaan sebelum ada Minangkabau serta asal-usul Sumatera Barat. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)
Kerajaan sebelum ada Minangkabau serta asal-usul Sumatera Barat. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)

5 Kerajaan-Kerajaan yang Berkembang

Tambo Minangkabau mencatat beberapa kerajaan di Sumatera Barat, seperti Kesultanan Kuntu, Kerajaan Koto Alang, Kerajaan Siguntur, Kerajaan Pasumayan Koto Batu, Bukit Batu Patah, Kerajaan Sungai Pagu, Kerajaan Inderapura, Kerajaan Jambu Lipo, Kerajaan Taraguang, Kerajaan Dusun Tuo, Kerajaan Bungo Setangkai, Kerajaan Talu, Kerajaan Kinali, Kerajaan Parit Batu, Kerajaan Pulau Punjung, dan Kerajaan Pagaruyung. Berikut ini adalah beberapa kerajaan yang dibahas lebih detail:

1. Kerajaan Minanga

Keberadaan Kerajaan Minanga diketahui dari buku T'ang Hui Yao yang disusun oleh Wang P'u pada tahun 961, masa Dinasti Tang. Minanga mengirim utusan ke Tiongkok pada tahun 645.

Nama Minanga juga muncul pada prasasti Kedukan Bukit tahun 682, yang mencatat bahwa Dapunta Hyang bertolak dari Minanga dengan 20.000 tentara lalu mendirikan Kerajaan Sriwijaya.

Ekspedisi ini bertujuan memindahkan pusat kerajaan dari Minanga di pedalaman ke daerah strategis di tepi laut.

2. Kerajaan Malayapura

Keberadaan Kerajaan Malayapura diketahui dari prasasti kuno yang ditemukan di Dharmasraya. Prasasti ini menyebutkan "Demi kemenangan tertinggi untuk Malayapura".

Naskah Tanjung Tanah yang dibuat pada zaman Adityawarman di Suruaso Tanah Datar (1345-1377) menyebutkan bahwa ibu kota Malayapura adalah Suruaso, dipimpin oleh Maharaja Diraja. Dibawahnya Dharmasraya yang dipimpin Maharaja dan dibawah Dharmasraya adalah Kerinci (Raja).

Prasasti Suruaso beraksara Melayu menyebutkan Adityawarman menyelesaikan pembangunan selokan untuk mengairi Taman Nandana Sri Surawasa yang kaya akan padi dibuat oleh pamannya Akarendrawarman.

3. Kerajaan Pagaruyung

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Anak Mandeh Channel
Bagikan

Berita Terkait
Terkini