5 Kerajaan Sebelum Ada Minangkabau, Asal-usul Sumatera Barat

×

5 Kerajaan Sebelum Ada Minangkabau, Asal-usul Sumatera Barat

Bagikan berita
Kerajaan sebelum ada Minangkabau serta asal-usul Sumatera Barat. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)
Kerajaan sebelum ada Minangkabau serta asal-usul Sumatera Barat. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)

HALONUSA - Kali ini Halonusa.id akan membahas informasi menarik terkait kerajaan sebelum ada Minangkabau atau asal-usul Provinsi Sumatera Barat.

Dari zaman prasejarah sampai kedatangan bansa asing, sejarah Sumatera Barat dapat dikatakan identik dengan sejarah Minangkabau.

Meskipun masyarakat Mentawai diduga telah ada pada zaman tersebut. Namun, bukti-bukti tentang keberadaan mereka masih sangat sedikit.

Dikutip dari kanal Youtube Anak Mandeh Channel, ia menyebutkan bahwa dipelosok Maek daerah Kabupaten Limapuluh Kota, banyak ditemukan peninggalan kebudayaan megalitikum.

Bukti arkeologis ini mengindikasikan bahwa daerah tersebut merupakan tempat pertama yang dihuni nenek moyang orang Minangkabau.

Hal ini masuk akal karena daerah ini dilalui beberapa sungai besar yang bermuara di pantai timur Pulau Sumatera. Sungai-sungai ini dulu menjadi sarana transportasi penting.

Nenek moyang orang Minangkabau diduga datang melalui rute ini, berlayar dari dataran Asia, mengarungi Laut Cina Selatan, menyeberangi Selat Malaka, kemudian melayari Sungai Kampar, Siak, dan Indragiri.

Setelah perjalanan panjang, mereka menetap dan mengembangkan kebudayaan serta peradaban di wilayah Luhak, yaitu daerah Lima Puluh Kota, Agam, dan Tanah Datar.

Percampuran dengan pendatang pada masa berikutnya menyebabkan perubahan dalam kebudayaan dan bertambahnya jumlah penduduk.

Akibatnya, permukiman menjadi sempit dan mereka mulai merantau ke berbagai bagian Sumatera Barat lainnya, seperti ke utara menuju Lubuk Sikaping dan Rao, ke selatan menuju Solok, Sijunjung, dan Sawahlunto, serta ke barat menuju daerah pesisir seperti Pariaman dan Pesisir Selatan.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Anak Mandeh Channel
Bagikan

Berita Terkait
Terkini
KPU Sumbar