5 Kota Terpanas di Pulau Sumatera, Apa Padang di Sumbar Termasuk?

×

5 Kota Terpanas di Pulau Sumatera, Apa Padang di Sumbar Termasuk?

Bagikan berita
Kota-kota terpanas yang ada di Pulau Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
Kota-kota terpanas yang ada di Pulau Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

Beberapa hari terakhir, cuaca di Sumatera Selatan terasa sangat panas, meskipun sering turun hujan.

Kepala Stasiun Klimatologi SMB 2 Palembang, Sisuanto, mengatakan bahwa saat ini, meskipun masih terdapat potensi hujan, tutupan awan pada siang hari mulai berkurang.

Hal ini menyebabkan radiasi matahari yang diterima oleh permukaan bumi meningkat dan mengakibatkan peningkatan suhu udara maksimum pada siang hari. Suhu tertinggi di kota Palembang bisa mencapai 38 derajat Celsius.

2. Bandar Lampung

Kota ini adalah ibukota dan kota terbesar di provinsi Lampung, dengan kepadatan penduduk mencapai 5.332 per km². Bandar Lampung juga mengalami suhu yang cukup ekstrem belakangan ini.

Rudi Haryanto dari BMKG Stasiun Meteorologi Lampung mengatakan bahwa kondisi cuaca panas ini terjadi karena tidak adanya tutupan awan maksimal pada wilayah provinsi Lampung.

Suhu tertinggi yang pernah terjadi di Bandar Lampung adalah 38 derajat Celsius.

3. Pekanbaru

Kota ini adalah ibukota dan kota terbesar di provinsi Riau, Indonesia, serta merupakan salah satu sentral ekonomi terbesar di Pulau Sumatera.

Pekanbaru memiliki luas daratan mencapai 632,3 km² dan berada di ketinggian 12 meter di atas permukaan laut, dengan kepadatan penduduk mencapai 1.573 jiwa per km².

Suhu tertinggi di kota Pekanbaru bisa mencapai 38 derajat Celsius.

4. Medan

Ibu kota dari provinsi Sumatera Utara ini memiliki luas 265,10 km² dan berada di ketinggian 2,5 meter dari permukaan laut.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini