5 Kota Tersepi di Sumatera Ada di Sumbar, Warganya Cuma 1 Kecamatan?

×

5 Kota Tersepi di Sumatera Ada di Sumbar, Warganya Cuma 1 Kecamatan?

Bagikan berita
Kota tersepi di Sumatera ada di Sumbar. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
Kota tersepi di Sumatera ada di Sumbar. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

Hal itu berarti persebaran penduduk di kota ini hanya sekitar 229 jiwa per km². Sangat sepi untuk ukuran kota di Sumatera.

4. Kota Dumai

Kota Dumai. (Foto: Istimewa)
Kota Dumai. (Foto: Istimewa)

Kota yang telah terhubung dengan jalan TOL Trans Sumatera di Provinsi Riau ini sebenarnya memiliki jumlah penduduk yang cukup banyak, bahkan merupakan yang terbanyak dari kota-kota sebelumnya.

Namun, dikarenakan wilayah yang sangat luas, kepadatan penduduk di kota ini menjadi sedikit.

Luas Kota Dumai mencapai 1727 km², sudah setara dengan luas kabupaten. Dengan luas wilayah tersebut, yang difungsikan untuk perkotaan hanya 173 km², sementara sisanya merupakan area perkebunan dan hutan.

Area perkebunan di Kota Dumai memang sangat luas, terutama perkebunan kelapa sawit, dan daerah yang memiliki area perkebunan terluas adalah Kecamatan Sungai.

Berdasarkan data BPS Kota Dumai terbaru, jumlah penduduk di Kota Dumai mencapai 323.452 jiwa, dengan kepadatan penduduk hanya 100,87 jiwa per km².

5. Kota Subulussalam

Kota Sabulussalam. (Foto: Istimewa)
Kota Sabulussalam. (Foto: Istimewa)

Kota Subulussalam, kota yang berada di selatan Provinsi Aceh ini memiliki jumlah penduduk yang sangat sedikit dengan wilayah yang cukup luas.

Dari data BPS Kota Sabulusalam terbaru, jumlah penduduk di kota yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sumatera Utara ini hanya sekitar 93.710 jiwa, sangat sedikit untuk ukuran sebuah kota yang luas wilayahnya mencapai 1391 km².

Kepadatan penduduk di kota ini hanya mencapai 67 jiwa per km², untuk setingkat kabupaten saja masih tergolong sepi, apalagi sebuah kota dengan kepadatan jumlah penduduk tersebut.

Nah, Kota Subulussalam menjadi kota paling sepi nomor satu di pulau Sumatera sekaligus nomor satu di Indonesia.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini