Taylor Swift Dituding Curi Lirik Lagu 3LW pada Shake it Off

×

Taylor Swift Dituding Curi Lirik Lagu 3LW pada Shake it Off

Bagikan berita
Taylor Swift dan Jake Gyllenhaal
Taylor Swift dan Jake Gyllenhaal

HALONUSA.COM - Hakim menolak upaya gugatan terhadap Taylor Swift atas tudingan ada kutipan lirik dalam lagu Shake It Off yang diduga lirik tersebut meng-copy lagu 3LW. Walau lirik lagu tersebut belum rilis sejak 2006.

3LW merupakan salah satu grup musisi terdiri Kiely Williams, Naturi Naughton, dan Adrienne Bailon. Penulis lagu 3LW,  Playas Gon' Play di 2020 silam, Sean Hall dan Nate Butler menuduh bahwa Swift dan timnya, termasuk produser super Max Martin, menyalin lirik dari lagu mereka.

Penggugat penulis lirik lagi 3LW keberatan dengan memberikan alasan argumentasi persuasif, ada faktor plagiasi terhadap karya mereka dengan Taylor Swift. Memang ada perbedaan meskipun ada beberapa faktor memengaruhi antara lirik Playas dan Shake.

Salah satu kesamaan itu kesamaan substansial antara lirik dan struktur sekuensialnya. Kesamaan lirik lagu 3LW termasuk playas, they gon play dan lagu Swift berbunyi:

Baca juga:

"Karena para pemain akan bermain, bermain, bermain, bermain, bermain."

Lirik serupa lainnya termasuk "dan pembenci mereka akan membenci"

Lirik lagu yang dibuat 3LW sangat paralel dengan Swift, yakni "dan pembenci akan membenci, membenci, membenci, membenci, membenci."

Menurut analisis lainnya termasuk alat bukti dari jaksa penuntut umum terdapat kesamaan lagu-lagu lain yang mengandung kata-kata serupa termasuk "Playa Hater" oleh The Notorious BIG dan "Dreams"1977 oleh Fleetwood Mac.

Kasus ini pertama kali diajukan kembali pada 18 September 2017, dan Swift dan timnya mengabaikannya pada 3 Januari 2018. Alasannya, lirik yang disengketakan tidak memiliki orisinalitas termasuk hak cipta.

Adapun hakim Michael W. Fitzgerald akan melanjutkan persidangan, walau belum jadwal kapan persidangan itu dibuka kembali.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini