4 Geopark Terindah yang Ada di Pulau Sumatera, Salah Satunya di Sumbar

×

4 Geopark Terindah yang Ada di Pulau Sumatera, Salah Satunya di Sumbar

Bagikan berita
Geopark terindah di Pulau Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)
Geopark terindah di Pulau Sumatera. (Foto: Youtube Creative Hamdi)

HALONUSA - Dalam artikel ini akan mengulas empat Geopark yang sudah diakui UNESCO dan terindah di Pulau Sumatera.

Menariknya, empat dari Geopark tersebut salah satunya berada di Sumatera Barat tepatnya di Kabupaten Agam.

Geopark atau taman bumi, adalah sebuah kawasan yang mempunyai elemen-elemen geologi penting, termasuk aspek arkeologi, ekologi, dan budaya.

Masyarakat lokal diundang untuk berpartisipasi dalam upaya melindungi dan mengembangkan warisan alam ini. Pada tahun 2015, definisi geopark oleh UNESCO berkembang, menekankan pada pengelolaan sebuah kawasan tunggal yang mengintegrasikan kondisi geografis serta pengelolaan situs dan lanskap dengan makna geologi internasional berdasarkan prinsip perlindungan, pendidikan, dan pembangunan berkelanjutan.

Geopark di Sumatera ini juga populer sebagai destinasi wisata karena keindahan alamnya. berikut empat Geopark terindah di Pulau Sumatera.

4 Geopark Terindah di Sumatera

1. Geopark Belitung

Foto: Kemlu
Geopark Belitung (Foto: Kemlu)

Geopark Belitung, pada tahun 2021, mencetak sejarah dengan terpilihnya sebagai Geopark Nasional Indonesia yang masuk dalam daftar UNESCO Global Geopark.

Keputusan ini diambil dalam sidang virtual dewan eksekutif UNESCO di Paris. Belitung dinilai berkat keberagamannya yang luar biasa dalam hal lanskap alam, batuan, mineral, proses geologis, serta evolusi bumi.

Keanekaragaman biologis dan geografisnya juga menjadi alasan kuat bagi UNESCO untuk memilihnya.

2. Geopark Merangin

Geopark Merangin. (Foto:
Geopark Merangin. (Foto: geopark.meranginkab.go.id)

Geopark Merangin di Jambi dikenal dengan keindahan alamnya dan situs-situs geologi yang memukau, seperti Kebun Raya Seribu Pengadang yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan.

Formasi batuan unik, gua alam, dan tebing curam di sini menarik bagi para penggemar ilmu bumi dan geologi. Geopark Merangin telah diakui oleh UNESCO dan menjadi destinasi wisata populer di Provinsi Jambi.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Creative Hamdi
Bagikan

Berita Terkait
Terkini