Inilah Kampung Mati di Maninjau Agam yang Paling Mencekam, Motor Tak Kuat Nanjak karena Dihadang Makhluk Gaib

×

Inilah Kampung Mati di Maninjau Agam yang Paling Mencekam, Motor Tak Kuat Nanjak karena Dihadang Makhluk Gaib

Bagikan berita
Kubu Gadang Maninjau, kampung mati yang ditinggalkan penduduknya. (Foto: istimewa)
Kubu Gadang Maninjau, kampung mati yang ditinggalkan penduduknya. (Foto: istimewa)

HALONUSA.COM - Mencekam! Kubu Gadang Maninjau, kampung mati yang ditinggalkan penduduknya.

Kubu Gadang, Kenagarian Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya merupakan salah satu kampung mati yang berada di Kabupaten Agam.

Sebutan kampung mati ini terdengar mencekam. Kendati demikian, kampung ini memiliki suasana yang masih asri dan udara yang sejuk.

Seperti dilansir Halonusa.com melalui kanla YouTube Raun Sabalik Sumbar, Selasa, 24 Oktober 2023, Kubu Gadang adalah perkampungan tertua dan pertama yang berada di Kenagarian Maninjau, namun terkenal dengan julukan kampung mati. Gelar itu didapat dari kisahnya yang memprihatinkan.

Kubu Gadang berada di atas perbukitan ditepian Danau Maninjau dengan jarak tempuh lebih kurang 3 kilometer dari jalan utama yang berdekatan dengan Pondok Pesantren Prof. Dr. Buya Hamka.

Sayanganya keasrian yang dirasakan penduduk Kubu Gadang harus terhenti lantaran kesulitan air. Ratusan penduduk pun memilih meninggal tempat ini.

Salah seorang warga yang tetap bertahan di kampung itu, Azrwardi mengatakan, kampung ini ditinggalkan oleh penghuninya terakhir kali pada tahun 2000.

"Mereka memilih pindah karena kesulitan air. Dulu ada 150 unit rumah, tapi sekarang hanya ada dua rumah yang dihuni," katanya dilansir YouTube Lantai 16.

Sementara itu, saat host Raun Sabalik Sumbar menuju Kubu Gadang tersebut, di tengah perjalan terjadi kejadian-kejadian aneh, seperti dihadang makhluk gaib.

Tak hanya itu, tampak masih banyak bangunana tua peninggalan zaman Belanda di sepanjang jalan ke Kubu Gadang, terlihat juga di kiri dan kanan rumah tua yang eksotis dan masih terawat dengan baik.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Raun Sabalik Sumbar
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini