Dosen UNP Galakkan Program Pengabdian kepada Masyarakat untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMKN 1 Bukittinggi

×

Dosen UNP Galakkan Program Pengabdian kepada Masyarakat untuk Peningkatan Kemampuan Siswa SMKN 1 Bukittinggi

Bagikan berita
Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat, Departemen Geografi UNP di SMKN 1 Bukittinggi jurusan Teknik Geomatika pada 24 Agustus 2023. (Foto: IST)
Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat, Departemen Geografi UNP di SMKN 1 Bukittinggi jurusan Teknik Geomatika pada 24 Agustus 2023. (Foto: IST)

HALONUSA.COM - Universitas Negeri Padang (UNP) kembali menunjukkan komitmennya dalam pengembangan pendidikan dengan meluncurkan program pengabdian kepada masyarakat.

Kegiatan ini dilakukan oleh Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat, Departemen Geografi UNP di SMKN 1 Bukit Tinggi jurusan Teknik Geomatika pada 24 Agustus 2023. Program yang dilaksanakan berupa pelatihan menggunakan Global Navigation Satellite System (GNSS) Berbasis Teaching Factory (Tefa).

Tefa merupakan pendekatan pembelajaran yang menggabungkan teori dengan praktik di dunia nyata. Program inovatif ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa secara konseptual dan praktis.

Pelatihan dilakukan dengan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang teknologi GNSS. Melalui pelatihan ini siswa dapat mengelola dan mengoperasikan perangkat GNSS dengan baik, sehingga siswa dapat mempersiapkan diri untuk menghadapi tantangan dunia kerja yang semakin kompleks.

Tim Dosen Pengabdian Kepada Masyarakat Departemen Geografi UNP, Mentari Dian Pertiwi, M.Pd, Sri Kandi Putri, S.Si., M.Sc dan Wikan Jaya Prihartanto, S.Si., M.Sc, menjelaskan, program pengabdian kepada masyarakat ini sebagai wujud nyata komitmen UNP dalam memberikan kontribusi positif kepada komunitas di sekitarnya. 

Melalui pelatihan GNSS berbasis Tefa, kami berharap siswa SMKN 1 Bukit Tinggi dapat memiliki keterampilan yang relevan dengan tuntutan dunia kerja saat ini.

Program ini dilakukan selama 2 hari yaitu pada tanggal 24-25 Juli 2023, dimulai dengan serangkaian pemaparan dasar-dasar GNSS, penggunaan perangkat lunak terkait, dan praktik lapangan yang terkait dengan survei geospasial. 

Siswa juga akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para ahli dan praktisi di bidang Teknik Geomatika, sehingga dapat memahami lebih dalam tantangan dan peluang di industri ini.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif UNP dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah kami. Program ini akan memberikan dampak positif jangka panjang bagi siswa kami, memberi mereka keunggulan dalam menghadapi persaingan di dunia kerja," kata Kepala SMKN 1 Bukit Tinggi, Bapak Drs. Muhammad Dinin.

“Dengan adanya program ini akan mampu mengembangkan kompetensi siswa SMK dalam menggunakan GNSS dan diharapkan program kerjasama ini dapat terus berlanjut,” tambah Ketua Jurusan Teknik Geomatika, Hasril, S.Pd.

Editor : Redaksi
Sumber : Rilis
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini