Air Terjun Terindah dan Tertinggi di Kabupaten Agam, Tawarkan Pesona Alam Asri dan Berbatu Karang

×

Air Terjun Terindah dan Tertinggi di Kabupaten Agam, Tawarkan Pesona Alam Asri dan Berbatu Karang

Bagikan berita
Air Terjun Saghasah Tangkughan Salareh Aia. (Foto: YouTube Suasana Pedesaan Indonesia)
Air Terjun Saghasah Tangkughan Salareh Aia. (Foto: YouTube Suasana Pedesaan Indonesia)

HALONUSA.COM - Air terjun terindah dan tertinggi di Kabupaten Agam. Air terjun ini bertingkat dua dan menawarkan pesona alam nan asri serta udara yang sejuk.

Air terjun ini sering disebut dengan Air Terjun Saghasah Tangkughan Salareh Aia karena lokasinya berada di Nagari Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar).

Kalau di daerah Minang, air terjun itu juga disebut dengan sarasah. Artinya, bunyi air yang mendesir.

Ketinggian air terjun ini mencapai 75 meter. Alamnya masih asri dan memiliki 2 tingkatan airnya. Sehingga angin yang bertiup akibat dari gesekan air yang sangat deras sehingga embunnya sangat terasa sekali jika menerpa wajah dingin sekali.

Untuk menempuh ke lokasi air terjun ini jalannya sedikit ekstrim karena di kiri dan kanan masih dikelilingi hutan
dan airnya begitu tinggi. Sehingga Anda bisa mandi dibawah air terjun ini.

Jika akhir pekan, banyak pengunjung yang datang ke tempat ini untuik sekedar mandi-mandi karena suasana lingkungan alam bisa menjadi sebuah terapi alami kepada Anda sehingga pikiran bisa tenang.

Atau bagi Anda yang berada dalam kejenuhan atau ada beban pikiran lain di saat ini bisa berkunjung ke Air Terjun Saghasah Tangkughan Salareh Aia.

Karena air terjun ini terlalu tinggi, air yang jatuh dari puncak terjun ke bawah jadi dibuat semacam tanggul untuk genangan air. Dengan begitu, ada semacam genangan dan bisa mandi-mandi dibawahnya serta untuk beristirahat, duduk-duduk di batu-batuan.

Airnya masih jernih dan alami tentunya jauh dari pencemaran karena berada di alam yang sangat asri. Dindingnya terdapat batu-batu karang, dari sini air mengalir terus menuju daerah Pasaman.

Berdasarkan informasi, nantinya akan dibangun  supaya akses menuju air terjun ini menjadi lebih mudah dan tidak perlu pengunjungnya bersusah payah menaiki tebing.

Editor : Tisya
Sumber : YouTube Suasana Pedesaan Indonesia
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini