10 Qoutes May Day Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2023 dan Kata Ucapan Perjuangan Labor Day

×

10 Qoutes May Day Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2023 dan Kata Ucapan Perjuangan Labor Day

Bagikan berita
Design Hari Buruh Nasional (foto: Yurico Andani/Halonusa)
Design Hari Buruh Nasional (foto: Yurico Andani/Halonusa)

Ia adalah okoh sosialis Belanda yang mengkritik harga sewa tanah para buruh terlalu rendah untuk dijadikan perkebunan. Baars juga menyampaikan bahwa upah buruh terlalu rendah.

Setelah itu, sempat diadakan pemotongan gaji pada buruh kereta api bahkan aksi. Lalu ketika aksi mogok kembali dilakukan, mereka menerima ancaman pemecatan.

Sampai pada akhirnya di tahun 1926 peringatan Hari Buruh sempat ditiadakan. Beruntungnya, di tahun 1945, Kabinet Sjahrir kembali memperbolehkan perayaan hari buruh.

Bahkan, dalam undang-undang Nomor 12 Tahun 1948 telah diatur bahwa pada tanggal 1 Mei buruh boleh tidak pekerja. Undang-undang tersebut juga mengatur pemberian perlindungan pada anak dan hak perempuan sebagai pekerja.

Sejak saat itu, sampai paa akhirnya tahun 2013 Hari Buruh ditetapkan sebagai hari libur nasional. Para buruh telah rajin turun ke jalan menyuarakan pendapatnya dan penuntutan akan haknya.

Itulah 10 Qoutes May Day atau Labor Day yang dikenal dengan Hari Buruh Sedunia 1 Mei 2023 dan Kata Ucapan Perjuangannya untuk diposting ke barbagai akun sosial media (sosmed) seperti Facebook, Instagram hingga TikTok berdasarkan rangkuman Halonusa dari berbagai sumber. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini