Prediksi Soal TKP CPNS 2024 HOTS dan Tips Mengerjakannya

×

Prediksi Soal TKP CPNS 2024 HOTS dan Tips Mengerjakannya

Bagikan berita
Ilustrasi belajar TKP CPNS (foto: Pexels/Julia M Cameron)
Ilustrasi belajar TKP CPNS (foto: Pexels/Julia M Cameron)

HALONUSA - Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) resmi dibuka oleh BKN (Badan Kepegawaian Nasional) pada hari ini, 20 Agustus 2024.

Meski saat tulisan ini dipublikasikan, akses ke situs terkait masih error, namun sebaiknya, para peserta tetap mempersiapkan diri untuk belajar.

Seperti yang diketahui, alur pendaftaran CPNS adalah dengan menginput data diri dan upload dokumen lengkap serta mengikut ujian SKD hingga SKB nantinya.

Biasanya, banyak peserta yang lolos administrasi tapi selalu gagal saat SKD (Seleksi Kompetensi Dasar). Maka dari itu, simak beberapa tips mengerjakannya.

Salah satu soal SKD yaitu jenis Tes Karakteristik Pribadi (TKP), berikut prediksi soal beserta tips mengerjakan ujian tersebut merangkum dari Youtuber Private Alfaiz.

Prediksi Soal TKP CPNS 2024 HOTS

HOTS (Higher Order Thinking Skill), adalah jenis soal yang tidak hanya berisi pengetahuan saja, tapi juga menekankan terhadap kemampuan analisis serta berfikir kritis hingga pemecahan masalah.

Tips Kerjakan Soal TKP CPNS 2024 HOTS

1. Pahami konsep 6 subtest TKP yang terdiri dari Pelayanan Publik, Profesionalisme, Sosial Budaya, Teknologi Informatika, Jejaring Kerja dan Anti Radikalisme.

Pelayanan Publik: segala sikap yang memberi pelayanan sebaik mungkin tapi tetap memperhatikan aturan dan ketentuan

Profesionalisme: sudut pandang yang meminta peserta agar bersikap se-profesional mungkin dalam dunia kerja tapi tetap mengutamakan kebaikan

Sosial Budaya: Menguji apakah peserta tes mampu beradaptasi dan bekerja secara efektif dalam masyarakat majemuk (terdiri atas beragam agama, suku, budaya, dan sebagainya).

Editor : Fathia
Bagikan

Berita Terkait
Terkini