Honda Hayati Beberkan Tips Mudik Nyaman dengan Cari Aman saat Naik Motor

×

Honda Hayati Beberkan Tips Mudik Nyaman dengan Cari Aman saat Naik Motor

Bagikan berita
Berkendara dengan aman bersama Honda Hayati. (Foto: Honda Hayati)
Berkendara dengan aman bersama Honda Hayati. (Foto: Honda Hayati)

Pemerikasaan di antaranya selain performa mesin yang bisa diperiksa ke AHASS terdekat yakni seperti kondisi ban sepeda motor, tekanan angin, kondisi pengereman hingga instrument kendaraan lain seperti lampu dan klakson yang berfungsi sebagai alat komunikasi saat berkendara.

Selanjutnya, menggunakan perlengkapan berkendara yang berfungsi untuk melindungi tubuh baik melindungi dari dampak negatif kecelakaan namun juga melindungi tubuh dari paparan sinar matahari secara langsung sehingga berkendara menjadi lebih nyaman dan tentunya juga lebih aman.

Kemudian, perhatikan barang bawaan. Hindari untuk berboncengan lebih dari 2 orang, artinya maksimal batas aman berkendara menggunakan sepeda motor adalah 2 orang yakni pengendara dan boncengan juga tak lupa memperhatikan barang bawaan seperti tas yang berlebihan dan barang lainya yang bisa membahayakan pengguna sepeda motor itu sendiri maupun orang lain.

Pastikan dimensi barang bawaan tidak melebihi lebar handle bar atau stang kemudi sepeda motor dan tingginya tidak melebih pundak pengendara agar barang bawaan tersebut tidak mempengaruhi gaya tekanan angin dan bisa jadi membahayakan.

Dan istirahatlah secara berkala, bisa di rest area yang telah disediakan atau fasilitasi umum yang bisa dijadikan sebagai tempat istirahat. Maksimal setelah berkendara sekitar 120 menit atau 150 menit pengendara harus beristirahat untuk menjaga kondisi tubuh dan fokus baik.

Setidaknya harus istirahat minimal 15 menit untuk mereview kondisi tubuh atau melakukan peregangan otot untuk mengambalikan fokus dan kebugaran tubuh.

Pengendara sepeda motor harus bisa mengendalikan diri dan ekstra sabar dalam menghadapi diri sendiri maupun sesama pengguna jalan

“Dengan memperhatikan kondisi tubuh kita, konsentrasi serta emosi dapat dikendalikan lebih baik. Didukung cara berkendara yang tepat, berkendara menjadi aman dan nyaman, mudikpun lebih aman dan nyaman,” tutup Adi. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini