5 Kota Terkaya di Sumatera Barat, Apakah Tempat Tinggalmu Termasuk?

×

5 Kota Terkaya di Sumatera Barat, Apakah Tempat Tinggalmu Termasuk?

Bagikan berita
Kota terkaya di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)
Kota terkaya di Sumatera Barat. (Kolase: Halonusa.id)

HALONUSA - Sumatera Barat (Sumbar) adalah sebuah provinsi di Indonesia yang terletak di Pulau Sumatera, dengan ibu kotanya di Padang.

Provinsi ini membentang di sepanjang pesisir barat Sumatera bagian tengah, mencakup dataran tinggi Bukit Barisan di sebelah timur, serta sejumlah pulau di lepas pantainya seperti Kepulauan Mentawai.

Dengan luas wilayah 42.012,89 km², Sumatera Barat berbatasan dengan empat provinsi: Sumatera Utara di utara, Riau di timur, Jambi di tenggara, dan Bengkulu di selatan.

Sumatera Barat merupakan rumah bagi etnis Minangkabau dan Mentawai, meskipun wilayah adat Minangkabau lebih luas daripada wilayah administratif provinsi ini. Pada akhir tahun 2023, provinsi ini memiliki penduduk sebanyak 5.750.326 jiwa, mayoritas beragama Islam.

Provinsi ini terdiri dari 19 kabupaten dan kota, dengan pembagian wilayah administratif yang meliputi kecamatan di seluruh kabupaten.

Baru-baru ini, beberapa kota di Sumatera Barat meraih penghargaan Adipura 2023, termasuk Kota Sawahlunto yang diakui sebagai kota terbersih. Selain itu, lima kota di Sumatera Barat dinobatkan sebagai kota terkaya di provinsi ini.

Dalam artikel ini, Halonusa.id akan membahas tentang kota atau kabupaten terkaya di Sumatera Barat.

5 Kota Terkaya di Sumatera Barat

1. Kota Bukittinggi

Jam Gadang, Kota Bukittinggi. (Foto: Istimewa)
Jam Gadang, Kota Bukittinggi. (Foto: Istimewa)

Bukittinggi merupakan enklave dari Kabupaten Agam dan pernah menjadi ibu kota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia.

Kota ini memiliki perekonomian terbesar di Sumatera Barat dan dianggap sebagai kota terkaya di provinsi tersebut.

Editor : Heru C
Bagikan

Berita Terkait
Terkini