5 Tradisi Lebaran Idul Fitri 2023 di Kota Padang, Pernah Melakukannya?

×

5 Tradisi Lebaran Idul Fitri 2023 di Kota Padang, Pernah Melakukannya?

Bagikan berita
tradisi lebaran Idul Fitri 2023 (Ilustrator: Yurico Andani/Halonusa)
tradisi lebaran Idul Fitri 2023 (Ilustrator: Yurico Andani/Halonusa)

HALONUSA.COM - Meskipun bukan tradisi khusus yang memang hanya terjadi di suatu daerah, tapi Kota Padang terkadang masih menerapkan beberapa kegiatan terkait.

Di antaranya Manambang, Malamang, Serak Gulo yang hanya dilakukan oleh Orang India yang bermukim di Kota Padang. Begitu pula dengan tradisi Pulang Basamo atau pulang kampung.

Adalagi beberapa tradisi lain seperti Marandang dan Manjalang Mintuo yang kesemua rangkumannya akan dibahas menyeluruh terkait kegiatannya pada artikel ini hingga laman kedua.

Maka dari itu, baca artikel ini sampai selesai ya agar dapat mengetahui detail terkait 5 tradisi lebaran idul fitri 2023 di Kota Padang berdasarkan rangkuman Halonusa dari berbagai sumber.

5 Tradisi Lebaran Idul Fitri di Padang

1. Manambang

[caption id="attachment_46807" align="aligncenter" width="675"]Ilustrasi Uang Aplikasi penghasil saldo DANA gratis (Foto: Ilustrasi/Shutterstock)[/caption]

Tradisi Manambang ini memang terlalu umum dan biasa dilakukan oleh masyarakan Sumatera Barat (Sumbar) lainnya, termasuk Kota Padang dengan kegiatan mencari pundi-pundi rupiah ke rumah saudara atau pun tetangga.

Untuk diketahui, hanya anak kecil dan remaja saja yang mendapat kesempatan untuk melakukan tradisi tersebut karena jika sudah dewasa, tentu sudah punya rasa malu untuk meminta uang pada orang dewasa lainnya.

2. Malamang

[caption id="attachment_30540" align="alignnone" width="1080"]Harga lamang bervariasi dan maksimal harga Rp5000.- per bungkus, adapun harga per batang Rp50.000.- dan harga tersebut relatif murah. [Kariadil Harefa] Harga lamang bervariasi dan maksimal harga Rp5000.- per bungkus, adapun harga per batang Rp50.000.- dan harga tersebut relatif murah. [Kariadil Harefa][/caption]Malamang adalah kegiatan membuat sebuah kuliner yang diberi nama lamang, Lamang ini sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras ketan yang dicampur dengan santan dan bumbu lainnya dan dimasak menggunakan bambu yang agak besar.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini