Asal-usul Nama Kelurahan Tarok Dipo di Bukittinggi, Ternyata Ada Filosofinya

×

Asal-usul Nama Kelurahan Tarok Dipo di Bukittinggi, Ternyata Ada Filosofinya

Bagikan berita
Sejarah Cagar Budaya Jam Gadang di Kota Bukittinggi (Foto: BPCB Sumbar)|Ilustrasi Kelurahan Tarok Dipo (foto: Ilustrator M. Andika Ramadan/Halonusa)
Sejarah Cagar Budaya Jam Gadang di Kota Bukittinggi (Foto: BPCB Sumbar)|Ilustrasi Kelurahan Tarok Dipo (foto: Ilustrator M. Andika Ramadan/Halonusa)

Sebab itu lah, masyarakat setempat kemudian mengabadikan 2 kata tersebut menjadi nama desa atau kelurahan Tarok Dipo yang berada dalam kawasan Kecamatan Guguk Panjang, Kota Bukittinggi.

Aturan pengukuhannya sudah dikeluarkan sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 40 tahun 1980 yang kini, lokasi tersebut dibangun Pasar Simpang Aur sebagai Pusat Grosir terbesar Se Sumatera bagian tengah.

Letak Geografis Kelurahan Tarok Dipo

Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh BPS (Badan Pusat Statistik) Kota Bukittinggi yang diolah dari ‘Kecamatan Guguk Panjang dalam Angka 2019’ letak geografis Kelurahan Tarok Dipo memiliki beberapa batas wilayah.

Dari Utara, berbatas langsung dengan Kelurahan Pakan Kurai dan Kelurahan Aur Tajungkang Tengah Sawah di Kecamatan Guguk panjang. Sementara sebelah Selatan, berbatas dengan Kelurahan Aur Kuning dan Kelurahan Sapiran yang berada di Kecamatan ABTB.

Sementara wilayah Barat, berbatas dengan Kelurahan Bukit Cangang Kayu Ramang di Kecamatan Guguk Panjang dan sebelah Timur berbatas dengan kelurahan Pakan labuah dan Kelurahan Parit Antang yang berada dalam kawasan Kecamatan ABTB.

Kelurahan Tarok Dipo memiliki luas 1,48 kilometer persegi yang terdiri dari 6 RW dan 25 RT. Jumlah penduduk Kelurahan Tarok Dipo sebanyak 19 843 jiwa, yang terdiri dari 9 667 laki-laki dan 10 176 perempuan.

Masyarakatnya berasal dari beragam etnis dan suku seperti Minang, jawa, Batak, Sunda, Nias, Aceh, Tiong Hoa, dll. Dimana 14,6% keseluruhan Penduduk Kota Bukittinggi adalah warga Kelurahan Tarok Dipo.

Di Kelurahan Tarok Dipo terdapat sebanyak 4 SD negeri, dengan jumlah guru 46 orang, dan 1 034 murid. Sementara jumlah SD swasta di Kelurahan Tarok Dipo ada 2, gurunya 64 orang, dan total murid 1 267 orang.

Jumlah SMP Negeri ada sebanyak 1, dengan jumlah guru 52 dan 1 021 murid. Adapun SMP Swasta di Kelurahan Tarok Dipo ada 1, gurunya 12 orang, dan total murid 25 orang.

Sedangkan SMA Negeri terdapat sebanyak 1 di Kelurahan Tarok Dipo, gurunya 53, muridnya 1 192 orang. Selain itu, di Kelurahan Tarok Dipo juga terdapat 1 SMA Swasta, dengan guru 17 orang dan murid 196 orang.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini