Telkomsel Ajak Generasi Muda Inspiratif Ciptakan Konten Digital Kreatif yang Sehat dan Positif

×

Telkomsel Ajak Generasi Muda Inspiratif Ciptakan Konten Digital Kreatif yang Sehat dan Positif

Bagikan berita
 Telkomsel kembali menggelar Program Internet BAIK tahun ketujuh yang bertujuan membentuk karakter generasi muda kreatif serta inspiratif dalam menggunakan internet dan media sosial melalui rangkaian kegiatan berupa seminar, online training, online compet
Telkomsel kembali menggelar Program Internet BAIK tahun ketujuh yang bertujuan membentuk karakter generasi muda kreatif serta inspiratif dalam menggunakan internet dan media sosial melalui rangkaian kegiatan berupa seminar, online training, online compet

Selanjutnya, peserta seminar akan mengikuti Pelatihan Online Internet BAIK dengan menggunakan metode pembelajaran synchronous & asynchronous, project-based learning, dan bantuan online terkait penggunaan internet secara kreatif dan inspiratif.

Pelatihan online ini disesuaikan dengan kebutuhan peserta dari berbagai segmen, seperti Kelas Creative Educator untuk guru, pengajar, dan tenaga pendidik; Kelas Creative Parent untuk orang tua, wali, dan komunitas; serta Kelas Creative Student untuk siswa SMP dan SMA.

Program Internet BAIK Series 7 memberikan kesempatan kepada para peserta untuk menciptakan konten yang positif dengan efektif. Ini bertujuan untuk membentuk karakter generasi muda yang kreatif dan inspiratif dalam menggunakan internet dan media sosial. Serangkaian kegiatan edukasi akan diselenggarakan, termasuk seminar, online training, online competition, dan awarding.

Seminar Internet BAIK akan diadakan di empat lokasi, yaitu Karawang (14 Februari 2023), Bandar Lampung (28 Februari 2023), Makassar (7 Maret 2023), dan Yogyakarta (20 Mei 2023). Seminar ini akan membahas topik seperti digital parenting, digital literacy, dan content creation.

Setelah mengikuti seminar, peserta akan mengikuti Online Training Internet BAIK yang menggunakan metode synchronous & asynchronous learning, project-based learning, dan online assistance. Kelas Online Training Internet BAIK telah disesuaikan dengan kebutuhan peserta, seperti Kelas Creative Educator, Kelas Creative Parent, dan Kelas Creative Student.

Selain itu, para peserta juga berkesempatan untuk memenangkan hadiah total senilai Rp 22.500.000 melalui Online Competition Internet BAIK. Dalam kompetisi ini, peserta dapat membuat konten video dan film pendek pada empat kategori yang tersedia. Pemenang akan diumumkan pada sesi awarding di Yogyakarta.

Untuk mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan dan berkompetisi dalam Program Internet BAIK, para peserta perlu mendaftarkan diri pada Forum Jagoan Internet BAIK. Pendaftaran dapat dilakukan melalui situs internetBAIK.id atau Aplikasi Internet BAIK hingga satu hari sebelum seminar di tiap lokasi. Program Internet BAIK merupakan program CSR tahunan Telkomsel yang telah berlangsung sejak 2016.

Program tersebut secara konsisten menggemakan nilai-nilai teladan pemanfaatan internet dan media sosial secara BAIK, mulai dari Bertanggung jawab yang berarti menggunakan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika yang berlaku, Aman yang berarti terlindungi dari potensi kejahatan ataupun dampak negatif internet dan media sosial, Inspiratif yang berarti mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal positif bagi pengguna dan sekitarnya, serta Kreatif yang berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif, kondusif, dan bermanfaat.

Sepanjang pelaksanaannya, program ini telah menjangkau hingga 27 kota/kabupaten, 84 sekolah, lebih dari 5.800 orang tua dan guru, lebih dari 6.700 pelajar, dan mencetak lebih dari 1.600 duta Internet BAIK.

"Telkomsel menyadari bahwa tingkat penetrasi internet Indonesia yang semakin tinggi hingga 77,02 persen pada 2022[2] perlu diimbangi dengan kekuatan pondasi karakter pengguna digital yang kokoh. Melalui Program Internet BAIK, Telkomsel berupaya mewujudkan generasi muda kreatif dan inspiratif yang dapat berkarya dan menciptakan konten positif secara efektif. Kami terus berharap, upaya tersebut dapat mendukung peningkatan indeks literasi digital nasional dan mewujudkan Indonesia yang makin cakap digital serta bertanggung jawab," tutup Saki. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini