Wajib Tahu, 4 Fakta Kota Bukittinggi yang Tidak Diketahui Banyak Orang

×

Wajib Tahu, 4 Fakta Kota Bukittinggi yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Bagikan berita
Jam Gadang Bukittinggi. (Halonusa.com/Halbert Caniago)
Jam Gadang Bukittinggi. (Halonusa.com/Halbert Caniago)

HALONUSA.COM - Berikut adalah fakta tentang Kota Bukittinggi yang harus kamu ketahui. Fakta tentang Kota Bukittinggi ini belum banyak diketahui oleh orang banyak.

Kota Bukittinggi adalah salah satu daerah di Sumatera Barat yang memiliki ikon ternama, yaitu Jam Gadang yang juga menjadi ikon Sumatera Barat.

Tapi, tahu kah kamu bahwa Kota Bukittinggi memiliki beberapa fakta unik yang terjadi sejak zaman penjajahan hingga sampai saat ini.

Berikut akan diulas tentang fakta Kota Bukittinggi yang memiliki berbagai macam keunikan hingga menjadi ikon Sumatera Barat.

1. 3 Kali Berganti Nama

Kota Bukittinggi pada masa penjajahan Belanda bernama Taddsgemente Fort de Kock yang disesuaikan dengan benteng yang dibuat di sana.

Pada masa penjajahan Jepang, Bukittinggi berganti nama menjadi Si Yaku Sho yang diperluas dengan beberapa daerah lainnya.

Selanjutnya, pada masa kemerdekaan Bukittinggi baru menjadi nama yang dikenal sampai saat ini.

2. Pusat Pertahanan Militer Jepang

Bukittinggi dijadikan sebagai pusat pengendalian Pemerintah militer pada masa penjajahan Jepang untuk kawasan Sumatera, bahkan sampai ke Singapura dan Thailand.

Bahkan di Kota Bukittinggi pada masa tersebut berkedudukan komandan Militer ke 25 pasukan Jepang.

Pada masa tersebut, daerahnya diperluas dengan memasukkan nagari-nagari Sianok, Gadut, Kapau, Ampang Gadang, Batu taba dan Bukit Batabuah yang sekarang kesemuanya itu kini berada dalam daerah Kabupaten Agam.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini