5 Tempat Wisata Bekas Tambang Batu Bara di Sawahlunto yang Eksotis

×

5 Tempat Wisata Bekas Tambang Batu Bara di Sawahlunto yang Eksotis

Bagikan berita
Danau Biru Sawahlunto.
Danau Biru Sawahlunto.

Fasilitas wisata yang ada di sini juga sangat lengkap, ada sepeda air, banana boat, dan bahkan area outbond.

3. Terowongan Lubang Mbah Soero

Siapa sangka jika di bawah Kota Sawahlunto terdapat terowongan sepanjang 1,5 kilometer? Terowongan ini merupakan salah satu objek wisata andalan Sawahlunto, namanya Lubang Mbah Soero.

Lubang ini dulunya merupakan salah satu fasilitas untuk penambangan batu bara. Nama Soero diambil dari nama mandor tambang batubara kala itu.

Untuk bisa masuk ke sini kamu wajib mengenakan helm pengaman serta safety shoes ya.

Kamu bisa mendengar langsung cerita lengkap sejarah lubang Mbah Soero ini dari pemandu yang akan menemani sepanjang perjalanan menyusuri terowongan.

Meski suasana di dalam terowongan agak seram, dijamin tidak rugi deh datang kemari.

4. Lubang Kalam

Lubang kalam merupakan terowongan kereta api terpanjang di Sumatera. Terowongan ini menembus kaki Bukit Barisan sejauh 835 m. Meski sudah tidak aktif, terowongan ini masih kuat berdiri. Film Law of The Jungle bahkan pernah mengambil setting adegan di sini lho.

Terowongan kereta api ini menghubungkan Stasiun Kereta Api Sawahlunto dengan Stasiun Kereta Api Muara Kalaban yang berjarak 7 km. Lubang Kalam saat ini hanya dilewati oleh Mak Itam, kereta wisata uap legendaris ikon Kota Sawahlunto.

5. Museum Batu Bara Ombilin

Ombilin merupakan nama salah satu areal pertambangan batu bara yang terkenal di Sawahlunto. Di museum ini kamu bisa melihat berbagai macam artefak dan dokumentasi sejarah penambangan batu bara, khususnya yang ada di Sawahlunto.

Gedung bangunan museum juga merupakan gedung bersejarah yang sempat dijadikan rumah peristirahatan mantan presiden Soeharto lho!

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini