Tiga Keluarahan di Padang CANTIK? Apa Itu? Berikut Penjelasannya

×

Tiga Keluarahan di Padang CANTIK? Apa Itu? Berikut Penjelasannya

Bagikan berita
Salah seorang lurah di Padang menerima penghargaan sebagai Kelurahan Cantik
Salah seorang lurah di Padang menerima penghargaan sebagai Kelurahan Cantik

HALONUSA.COM - Sebanyak tiga Kelurahan di Kota Padang ditetapkan sebagai Keluarahan CANTIK pada tahun 2022.

CANTIK adalah singkatan dari Cinta Statistik yang dipelopori oleh Badan Statistik Kota Padang agar seluruh Kelurahan dapat menjadi Keluarahan yang CANTIK.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang, Alfianto mengatakan, pencanangan ini bertujuan agar pemanfaatan data statistik untuk pembangunan di kelurahan menjadi lebih optimal.

"Tiga kelurahan cinta statistik di Kota Padang yang telah ditetapkan itu berada di Kelurahan Andalas Kecamatan Padang Timur, Kelurahan Ulak Karang Selatan dan Kelurahan Lolong Belanti Kecamatan Padang Utara," katanya, Senin (3/10/2022) di Kantor Camat Padang Utara.

Menurutnya, ketiga kelurahan tersebut akan mendapatkan pembinaan langsung dari BPS. Namun secara berkesinambungan seluruh kelurahan yang ada di Kota Padang akan menjadi kelurahan cinta statistik pada tahun berikutnya.

"Kelurahan cinta statistik merupakan program percepatan implementasi pembinaan statistik sektoral oleh BPS," katanya.

Menurutnya, bentuk pembinaan yang dilakukan seperti pengolahan dan analisis data serta penyajian data yang disesuaikan dengan kebutuhan kelurahan.

Alfianto mengungkapkan, melalui program ini diharapkan terwujud satu data di Kota Padang. Menyediakan data statistik yang lebih akurat, dan meningkatkan kesadaran pentingnya statistik untuk perencanaan dalam pengambilan keputusan.

"Selain itu bagi kelurahan akan tersedia data yang mutakhir sehingga pembangunan akan lebih tepat sasaran seperti upaya pemberantasan kemiskinan," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Padang Hendri Septa mengatakan fokus pembinaan kelurahan cinta statistik ditujukan guna meningkatkan literasi perangkat kelurahan dan masyarakat dalam penyelenggaraan kegiatan statistik.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini