Ternyata Segini Jumlah Korban Terdampak dan Hal yang Diperlukan Pascagempa Pasaman, Ini Penjelasannya

×

Ternyata Segini Jumlah Korban Terdampak dan Hal yang Diperlukan Pascagempa Pasaman, Ini Penjelasannya

Bagikan berita
Korban terdampak gempa di Malampah, Kabupaten Pasaman. (Foto: Dok. Istimewa)
Korban terdampak gempa di Malampah, Kabupaten Pasaman. (Foto: Dok. Istimewa)

"Sediakan obat-obatan sebanyak mungkin, termasuk vitamin untuk menjaga kesehatan para pengungsi," katanya.

Untuk Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) diminta meliburkan pelajar di Nagari Malampah minimal selama 14 hari dan bisa diperpanjang jika keadaan belum memungkinkan.

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Pasaman diinstruksikan untuk melakukan program penyembuhan traumatik bagi anak-anak di daerah terdampak gempa.

Kepada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Benny Utama meminta untuk memfinalkan jumlah kerusakan akibat gempa, mulai dari rumah hancur dan rusak serta fasilitas umum (fasum) serta infrastruktur yang lainnya.

"Data harus akurat dan jangan dikarang-karang, jika ada ada penyimpangan dampak hukumnya akan terasa di kemudian hari. Tepat data, maka akan tepat pula penanganannya," ucap pria yang pernah berprofesi sebagai Jaksa tersebut.

Baca juga: Bantuan untuk Korban Terdampak Gempa di Pasaman Raya Terus Berdatangan, Pakar Ingatkan Ini

"Harus bergerak cepat, jangan berlama-lama, kasihan masyarakat harus menanggung penderitaan di tenda-tenda pengungsian, namun kecepatan dan keakuratan itu juga berlandaskan payung hukum yang jelas pula," sambungnya.

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Pasaman juga diminta untuk proaktif melaporkan tahapan dan proses penanganan pascagempa.

Diskominfo Kabupaten Pasaman juga diminta untuk bisa menekan isu dan hoaks yang banyak bermunculan di media sosial (medsos) terkait musibah gempa di Pasaman.

"Sajikan data yang benar dan konkret terkait seluruh hal yang menyangkut gempa di Pasaman," katanya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini