Penemuan Proyektil di Muaro Padang, Ini Penjelasan Polisi dan Pakar Keamanan

×

Penemuan Proyektil di Muaro Padang, Ini Penjelasan Polisi dan Pakar Keamanan

Bagikan berita
Penemuan benda diduga proyektil di kawasan Muaro, Padang, Minggu (29/8/2021).
Penemuan benda diduga proyektil di kawasan Muaro, Padang, Minggu (29/8/2021).

"Intelijen tidak boleh lengah, mereka harus harus memanfaatkan jejaringnya. Mereka harus perkuat sumber informasinya," katanya.

Ia melihat energi dan fikiran aparat keamanan dalam hal ini intelijen memang terkuras habis, namun bukan berarti kekuatan mereka habis. TNI-Polri dinilai sudah mengerahkan segala daya upaya untuk deteksi dini gangguan keamanan.

"Semakin besar aktivitas, ancaman semakin besar. Satu saja kejadian bobol, mereka dianggap gagal, ini hukum intelijen, ini repotnya orang bekerja di bidang itu," katanya.

Kejadian penemuan bahan peledak atau ledakan bom katanya harus dicek dahulu dan dilacak sumbernya. Menurutnya, tidak mungkin dengan jumlah polisi saat ini untuk mengcover semua area. Peran serta masyarakat sangat diharapkan.

"Ada rasio ideal perbandingan antara satu polisi dengan beberapa warga, saat ini kekurangan, saya kurang tahu persis berapa jumlahnya. Beda wilayah beda karakteristiknya dan beda jumlah personelnya," katanya.

Di tengah situasi pandemi Covid-19, anggota intelijen dinilai harus ditambah, namun ada sejumlah alasan dan landasan dalam melakukan perekrutan dan penambahan.

Salah satu parameternya adalah jumlah penduduk, tingkat atau resiko ancaman, kemudian tingkat kerawanan, seperti kondisi geografis di suatu wilayah yang cukup sulit, itu tak bisa dicover sendirian.

"Parameter sangat banyak dan ada pembobotan, fungsi deteksi dini ada di intelijen, mereka tak punya wewenang untuk menindak, mereka harus mencegah dan meminta peran serta masyarakat," katanya.

Stanislaus juga tak menampik bahwa Sumatera Barat merupakan tempat yang berpotensi jadi daerah teror, karena sudah beberapa kali terjadi juga penangkapan pelaku terduga teror dan pelaku yang berasal dari sana.

"Ini juga perlu menjadi atensi intelijen dan peran serta masyarakat untuk tidak ragu melaporkan ke aparat keamanan jika menemukan atau melihat hal yang mencurigakan," katanya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini