Situs Cagar Budaya Museum Bank Indonesia, Kota Padang

×

Situs Cagar Budaya Museum Bank Indonesia, Kota Padang

Bagikan berita
Situs Cagar Budaya Museum Bank Indonesia, Kota Padang
Situs Cagar Budaya Museum Bank Indonesia, Kota Padang

SEMANGAT DATA - Salah satu cagar budaya yang ada di Kota Padang adalah Museum Bank Indonesia, Museum Bank Indonesia ini tercatat dengan inventaris Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dengan No. 38/BCB-TB/A/01/2007.

Situs cagar budaya ini beralamat di Jalan Jl. Batang Arau No. 60 Kelurahan Berok Nipah Kecamatan Padang Barat Kabupaten/kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Mudah, karena lokasi situs berada di dekat jalan raya, dapat diakses dengan kendaraan roda dua ataupun roda empat.

Secara astronomis, lokasi ini berada pada garis lintang 0˚ 57’ 52.6” S 100˚ 21’ 30.0” E

Deskripsi Hostoris,

Gedung De Javasche Bank ini merupakan cabang yang ketiga setelah Surabaya dan Semarang dan pertama di luar Jawa.

Selain Padang De Javasche Bank tersebar di 12 kota penting Indonesia pada zaman Kolonial Belanda yaitu Banda Aceh, Medan, Bandung, Cirebon, Jakarta, Solo, Malang, Kediri, Surabaya, Yogyakarta, Manado, dan Pontianak. Gedung ini dibuka pertama kali pada 29 Agustus 1864.

Deskripsi Arkeologis,

Gedung bergaya arsitektur modern (tropis) Indonesia ini menonjol dengan bagian puncak atapnya yang menyerupai atap mesjid. Atap berbentuk limas an dengan di bagian puncak terdapat kubah.

Atapnya terbuat dari genteng. Pintu masuk berada di tengah yang menghadap ke timur. Sekeliling dinding bangunan terdapat jendela kaca yang diberi jerugi besi, jendela dibuat ramping dan tinggi.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini