Situs Cagar Budaya Gedung Joang 45 BPPI, Kota Padang

×

Situs Cagar Budaya Gedung Joang 45 BPPI, Kota Padang

Bagikan berita
Situs Cagar Budaya Gedung Joang 45 BPPI, Kota Padang
Situs Cagar Budaya Gedung Joang 45 BPPI, Kota Padang

SEMANGAT DATA - Salah satu cagar budaya yang ada di Kota Padang adalah Gedung Joang 45 BPPI, Gedung Joang 45 BPPI ini tercatat dengan inventaris Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) dengan No. 07/BCB-TB/A/01/2007.

Situs cagar budaya ini beralamat di Jl. Pasar Mudik No. 50 Kelurahan Pasar Gadang Kecamatan Padang Selatan Kabupaten/kota Padang Provinsi Sumatera Barat.

Akses ke Gedung Joang 45 BPPI sangat mudah, karena situs berada di pinggir jalan raya kota di area Pasar Gadang, papat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Secara astronomis, lokasi ini berada pada garis lintang 0˚ 57’ 33.2” S ; 100˚ 22’ 06.4” E.

Deskripsi Hostoris,

Berdasarkan survei literature, bangunan ini, pada awalnya merupakan Hotel Pasar Gadang. Pada masa perjuangan gedung ini sering digunakan sebagai markas Barisan Perjuangan Pemuda Indonesia (BPPI) untuk Kota Padang.

Barisan Perjuangan Pemuda Indoesia Merupakan suatu organisasi yang menghimpun pemuda-pemuda di Kota padang dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Sekarang gedung ini djadikan sebagai museum BPPI dan DHD 45 Cabang Padang.

Deskripsi Arkeologis,

Bangunan dengan arsitektur kolonial ini merupakan bangunan yang terdiri dua lantai. Atap bangunan terbuat dari seng dengan bentuk atap pelana kuda. Pintu masuk berjumlah dua buah berada di lantai satu yang terletak di bagian tengah. Ruangan bagian dalam terdiri dari dua ruangan.

Lantai satu terbuat dari ubin tegel polos yang berwarna abu-abu. Di bagian sudut ruangan terdapat tangga sebagai akses jalan masuk ke lantai atas (lantai dua). Lantai dua terbuat dari papan kayu. Ruangan di lanati dua merupakan ruangan kosong.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini