4 Suku di Jambi yang Kental dengan Warisan Minangkabau dan Sriwijaya

×

4 Suku di Jambi yang Kental dengan Warisan Minangkabau dan Sriwijaya

Bagikan berita
Ilustrasi. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)
Ilustrasi. (Foto: Youtube Anak Mandeh Channel)

HALONUSA - Provinsi Jambi, yang terletak di Pulau Sumatera, memiliki sejumlah suku asli yang masih mempertahankan warisan budaya dari Minangkabau dan Sriwijaya.

Artikel ini akan membahas empat suku di Jambi yang memiliki keterkaitan sejarah dan budaya dengan dua kerajaan besar tersebut.

Menurut sensus Badan Pusat Statistik (BPS), Indonesia memiliki 1.340 suku bangsa yang tersebar di berbagai provinsi, termasuk Jambi.

Berikut adalah empat suku asli di Jambi yang memiliki hubungan sejarah dengan Minangkabau dan Sriwijaya.

1. Suku Bangsa Kubu atau Suku Anak Dalam

Suku Kubu, juga dikenal sebagai Suku Anak Dalam atau Orang Rimba, merupakan suku minoritas yang tinggal di pedalaman Jambi, terutama di sekitar Taman Nasional Bukit 30 dan Taman Nasional Bukit 12 dan wilayah selatan provinsi Jambi.

Mereka dikenal karena hidup terisolasi dan minim interaksi dengan dunia luar.

Suku ini diyakini sebagai kelompok masyarakat pertama yang datang ke Jambi sekitar 4.500 tahun sebelum masehi.

Asal-usul Suku Kubu masih menjadi perdebatan. Ada yang menyebut mereka sebagai keturunan masyarakat Sriwijaya yang melarikan diri dari serangan kerajaan asing.

Ada juga yang berpendapat bahwa mereka berasal dari Minangkabau, mengingat adanya kesamaan dalam bahasa dan adat, seperti sistem matrilineal.

2. Suku Kerinci

Suku Kerinci, atau Uhang Kinci dalam bahasa lokal, adalah suku asli yang mendiami wilayah Dataran Tinggi Kerinci dan sekitarnya.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Anak Mandeh Channel
Bagikan

Berita Terkait
Terkini