3 Jenderal Minang Pernah Memimpin Pangdam, Warga Sumbar Sudah Pada Tahu?

×

3 Jenderal Minang Pernah Memimpin Pangdam, Warga Sumbar Sudah Pada Tahu?

Bagikan berita
3 Jenderal Minang Pernah Memimpin Pangdam. (Foto: Demokratis.co.id)
3 Jenderal Minang Pernah Memimpin Pangdam. (Foto: Demokratis.co.id)

HALONUSA - Pada kesempatan kali ini, Halonusa.id akan membahas tentang tiga putra asli Minangkabau Sumatera Barat yang pernah dan masih menjabat sebagai Panglima Daerah Militer (Pangdam).

Untuk diketahui, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono melakukan mutasi besar-besaran terhadap perwira tinggi di lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI) pada Rabu, 19 Juli 2023 silam.

Perubahan ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan organisasi dan pembinaan karir, serta mengoptimalkan pelaksanaan tugas-tugas TNI yang semakin kompleks dan dinamis.

Berdasarkan surat keputusan Panglima TNI nomor KEP/7797/VII/2023 tanggal 17 Juli 2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, telah ditetapkan mutasi dan promosi jabatan untuk 96 perwira tinggi TNI.

Dari jumlah tersebut, 53 berasal dari TNI AD, 28 dari TNI AL, dan 15 dari TNI AU.

Di antara mereka, terdapat tiga putra asli Minang yang kini dipercaya menjabat sebagai Pangdam di Indonesia, yakni Mayjen TNI Harfendi, Mayjen TNI Sfrial, dan Mayjen TNI Mohamad Hasan.

Berikut Halonusa.id rangkum profil singkat dari ketiga Pangdam asal Minangkabau tersebut yang dikutip dari Youtube Kaba Rantau Official.

3 Jenderal Minang Pernah Memimpin Pangdam

1. Mayjen TNI Harfendi

Mayjen TNI Harfendi. (Foto: Wikipedia)
Mayjen TNI Harfendi. (Foto: Wikipedia)

Lahir di Bukittinggi pada 12 Juni 1967, Mayjen TNI Harfendi kini menjabat sebagai Pangdam IX/Udayana.

Sebelumnya, ia adalah Koordinator Staf Ahli Panglima TNI dan Staf Ahli KSAD. Harfendi merupakan alumni SMA Negeri 2 Padang tahun 1986 dan lulusan Akabri tahun 1989.

Editor : Heru C
Sumber : Youtube Kaba Rantau Official
Bagikan

Berita Terkait
Terkini