Pabrik AQUA Solok Bantu Masyarakat Jorong Kayu Jao Bangun Agrowisata Strawberry

×

Pabrik AQUA Solok Bantu Masyarakat Jorong Kayu Jao Bangun Agrowisata Strawberry

Bagikan berita
Kebun stroberi di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.
Kebun stroberi di Jorong Kayu Jao, Nagari Batang Barus, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok.

Setelah mengikuti pelatihan, anggota-anggota KWT yang tadinya hanya bekerja di perkebunan orang lain mulai mencoba untuk menanam stroberi sendiri memakai polybag dengan memberdayakan halaman rumah.

Menurut Roziana, para ibu di KWT juga sudah diajari bagaimana cara menanam di polybag sehingga bisa mendapatkan buah stroberi yang baik.

“Untuk ibu-ibu KWT yang nggak punya lahan, mereka bisa memberdayakan lingkungan mereka untuk menanam stroberi di dalam polybag yang disusun di atas rak-rak yang dibuat bertingkat,” tukasnya.

Dengan bantuan program CSR dari perusahaan AMDK yang ada di Kabupaten Solok ini, jadilah ibu-ibu KWT yang ada di Jorong Kayu Jao memiliki penghasilan sendiri dan bisa membantu ekonomi keluarga.

Dari hasil stroberi yang ditanam itu, ibu-ibu bisa memanennya sekali dua hari sebanyak 3 kilogram yang dijual melalui KWT seharga Rp 70 ribu perkilo kepada para pembeli.

“Jadi, pelatihan-pelatihan yang diberikan perusahaan AMDK di Solok ini sangat membantu para ibu rumah tangga di Jorong Kayu Jao ini. Yang tadinya kerja di tempat orang, sekarang sudah ngurus kebun stroberi sendiri dan bisa membantu keuangan keluarga,” katanya.

Perkebunan stroberi di Jorong Kayu Jao ini pun mulai banyak kedatangan pengunjung dari berbagai daerah lain bahkan dari luar negeri. Pihak perusahaan AMDK Solok juga banyak membawa pengunjung untuk membeli stroberi dan hasil olahannya dari KWT Jorong Kayu Jao.

Roziah mengatakan para ibu di KWT juga mengembangkan hasil olahan stroberi ini menjadi dodol, selai, roti, es stroberi, dan produk-produk olahan lainnya berbahan stroberi.

“Akhirnya Jorong Kayu Jao ini pun dikenal sebagai tempat wisata KWT Bougenvile Kebun Stroberi Petik Sendiri,” tuturnya.

 Dia mengutarakan tamu-tamu yang datang ke KWT Bougenvile Kebun Stroberi Petik Sendiri ini ada yang dari Pekanbaru, Medan, Palembang, dan Jambi. Tidak hanya dari dalam negeri saja, tamu-tamu dari luar negeri seperti dari India dan Australia juga ada yang datang ke tempat ini.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini