Apa Itu Buruh dan Tujuan Peringatannya Pada 1 Mei 2023: May Day atau Labor Day

×

Apa Itu Buruh dan Tujuan Peringatannya Pada 1 Mei 2023: May Day atau Labor Day

Bagikan berita
Ilustrasi Hari Buruh Nasional
Ilustrasi Hari Buruh Nasional

Sementara pada jenis keahlian lain, ada kelompok selanjutnya yaitu buruh kasar yang merujuk pada pekerjaan manual dengan mengandalkan fisik dari pendidikan atau yang biasa disebut pekerja kerah biru.

Kedua yaitu jenis buruh berdasarkan statusnya yaitu pengelompokan pekerja tetap dan berstatus lepas (freelance), kelompok pekerja tetap biasanya memiliki penghasilan tetap sesuai jumlah unit yang dikerjakan. Berbeda dengan freelance, ia berkesempatan dalam perolehan tak terhingga atau tidak sama sekali.

Tujuan Hari Buruh Sedunia

Sesuai pengertiannya, tujuan utama Hari Buruh adalah untuk mengapresiasi kesejahteraan para pekerja dalam jaminan hak-haknya karena telah berkontribusi dan ikut serta pada pembangunan nasional dari berbagai sektor.

Meskpun para buruh juga diberi upah atas kerja kerasnya, namun kesepakatan terkait hasilnya merupakan sebuah konteks kepentingan dari pemilik atau beberapa kelompok saja. Dalam artian misalnya, karyawan gojek bekerja agar owner gojek lebih sejahtera.

Karyawan tersebut diperintah sesuai kefungsian dan dampak kontribusi mereka dalam komponen suatu produksi, kinerja mereka akan mendorong peningkatan produktifitas atas kesejahteraan pekerja demi hubungan harmonis dan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Sebab itu lah, peringatan Hari Buruh Sedunia dimaksudkan untuk memberikan penghargaan kepada para pekerja demi pembangunan masyarakat pancasila. Hak tersebut memiliki daftar konsekuensi dan di dalamnya, terdapat jaminan serta hak-hak terkait sesuai taraf kesejahteraan mereka.

Diharapkan, peringatan Hari Buruh Sedunia yang dalam bahasa Inggrisnya disebut Labor Day atau lebih dikenal dengan istilah May Day dapat mensejahterakan para pekerja karena telah berkontribusi meningkatkan perindustrian ekonomi nasional secara luas dan menyeluruh. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini