Tercatat 170 Calon Komisioner KPU Sumbar Serahkan Dokumen Pendaftaran

×

Tercatat 170 Calon Komisioner KPU Sumbar Serahkan Dokumen Pendaftaran

Bagikan berita
Kantor KPU Sumatera Barat. (Foto: Halonusa.com)
Kantor KPU Sumatera Barat. (Foto: Halonusa.com)

Pihaknya mencatat akun terpantau lebih banyak perempuan yang mencapai 900-an namun untuk yang mengembalikan berkas, diakui belum periksa tim seleksi.

"Dari akun yang kita pantau banyak yang perempuan membuat akun namun yang mengembalikan berkas belum kita cek lagi mana yang banyak perempuan atau laki-laki," katanya.

Sementara dari yang mengunggah dokumen persyaratan, dilihatnya ada sejumlah nama pendaftar yang merupakan komisioner KPU Sumbar dan Komisioner KPU di kabupaten dan kota.

Sementara dari lima komisioner KPU Sumbar saat ini, empat komisioner kembali mendaftar. Empat komisioner tersebut adalah Gebril Daulai, Izwaryani, Yuzalmon, dan Yanuk Sri Mulyani.

"Ini diketahui ketika bakal calon ini mengembalikan berkas ke tim sekretariat seleksi. Di sana akan tampak apa saja dokumen yang sesuai atau tidak," katanya.

Jadwal pendaftaran dibuka 10 hingga 21 Februari 2023 dan ada beberapa tahapan yang akan dilewati oleh para peserta. Dimulai pendaftaran, tes/ujian, wawancara, hingga akhirnya terpilih 10 nama yang akan diusulkan pansel ke KPU RI.

"Timsel akan melakukan penelitian dan penilaian administrasi. Dalam tahapan ini, tim akan mengumumkan calon terbaik untuk mengikuti tes CAT dan psikologi," ujarnya.

Dia menyebutkan aspek penilaian berupa pendidikan, pengalaman kepemiluan, mengikuti kepelatihan kepemiluan dan karya tulis ilmiah kepemiluan dan untuk periode ini sesuai dengan peraturan KPU RI mereka yang akan mengikuti tes akan diranking.

Kemudian, hanya 10 peserta yang dikirim ke KPU RI untuk ditetapkan lima orang Komisioner KPU Sumbar.

”Kita usulkan 10 nama. Kemudian, KPU RI akan menetapkan 5 nama dan dilantik menjadi Komisioner KPU Sumbar,” katanya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini