Akademisi Akui Kekuatan Lobi dan Jaringan Andre Rosiade di Pusat

×

Akademisi Akui Kekuatan Lobi dan Jaringan Andre Rosiade di Pusat

Bagikan berita
Peresmian kelanjutan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin. (Foto: Dok. Istimewa)
Peresmian kelanjutan pembangunan jalan tol Padang-Sicincin. (Foto: Dok. Istimewa)

"Namun yang sering dilakukan oleh pemerintah pusat adalah dengan cara menggantung dan tidak akan merespons proposal proyek pembangunan yang diminta oleh daerah. Inilah sebabnya mengapa banyak proposal pembangunan yang diusulkan pemerintah daerah sulit direalisasikan oleh pusat," sebutnya.

Menariknya, kata Andri, apa yang dilakukan Andre Rosiade terkait dengan model  koalisi vertikal ini justru keluar dari kelaziman yang ada.

Andre justru tidak berkoalisi dengan elite daerah dalam upayanya menyelesaikan masalah pembangunan di Sumbar.

Malah, Andre membangun koalisinya dengan masyarakat Sumbar. Andre justru keluar dari konsepsi yang dikatakan oleh Kimura.

"Koalisi vertikal yang dibangun oleh Andre Rosidade justru berbasiskan aspirasi masyarakat yang coba dia kumpulkan melalui reses yang dilakukannya. Andre seakan-akan mewakili langsung elite lokal sekaligus memainkan fungsinya sebagai anggota DPR menjadi elite pusat," katanya.

Melalui kekuatan jaringan yang dimilikinya di pemerintahan serta didukung oleh kemampuan lobinya yang mumpuni, proposal pembangunan yang diajukan selalu mendapat dukungan pemerintah pusat.

"Tidak heran dengan kemampuan yang dimiliki Andre Rosiade ini, banyak pihak yang menginginkan dirinya menjadi Gubernur Sumatra Barat ke depan. Masyarakat melihat kiprah Andre Rosiade selama ini sangat bermanfaat bagi kemajuan masyarakat Sumbar," tuturnya. (*)

Baca juga:

https://halonusa.com/resmikan-lagi-pembangunan-jalan-tol-padang-sicincin-andre-rosiade-sempat-minta-maaf-karena-hal-ini/

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini