Ilham Maulana Mangkir Lagi dari Panggilan Polisi, Praperadilankan Status Tersangka dan Tunjuk Pengacara Lain

×

Ilham Maulana Mangkir Lagi dari Panggilan Polisi, Praperadilankan Status Tersangka dan Tunjuk Pengacara Lain

Bagikan berita
Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana. (Foto: Dok. Istimewa)
Wakil Ketua DPRD Padang, Ilham Maulana. (Foto: Dok. Istimewa)

HALONUSA.COM - Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Ilham Maulana kembali mangkir dari pemeriksaan dirinya sebagai tersangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi (tipikor).

Bahkan, Politisi Partai Demokrat tersebut mempraperadilankan Polresta Padang terkait penetapan status tersangka yang diterimanya hingga menunjuk Imra Leri dan rekan sebagai kuasa hukum untuk gugatan tersebut.

"Iya benar, kami diberi kuasa oleh Ilham Maulana untuk gugatan Praperadilan tersebut, sudah masuk tadi di Pengadilan Negeri (PN) Kelas 1A Padang," kata Imra saat dihubungi Halonusa.com via seluler, Jumat (27/5/2022).

Imra mengatakan, pihaknya hanya fokus kepada penetapan status tersangka Ilham Maulana sebagai tersangka dalam dugaan kasus tipikor yang dialami kliennya tersebut.

"Kami tim pengacara tidak menangani perkara pokok, kami hanya menangani perkara Praperadilan itu saja," katanya.

Sementara itu, Kuasa Hukum yang menangani kasus yang menjerat Ilham Maulana, yakni Yul Akhyari Sastra tidak menampik dirinya menolak untuk ikut dalam gugatan Praperadilan yang diajukan Ilham Maulana.

"Walaupun saya diminta, saya punya hak menolak, karena saya sudah berkomitmen untuk mengikuti proses hukum yang sedang berjalan," katanya.

Baca juga: Wakil Ketua DPRD Padang jadi Tersangka Dugaan Kasus Korupsi, Ini Kata Polisi

Sejatinya, kata Yul, dirinya telah mengirimkan surat permohonan maaf kepada penyidik, dalam hal ini Kasat Reskrim Polresta Padang, Kompol Dedy Adriansyah Putra bahwa dirinya tak bisa membawa Ilham Maulana hingga jadwal pemeriksaan yang telah ditetapkan.

"Karena yang bersangkutan melayangkan gugatan Praperadilan, sebagai orang yang taat aturan, saya ikuti proses, dan Ilham Maulana sendiri tak berkenan diperiksa polisi sampai keputusan penetapan tersangkanya diputuskan di Pengadilan," katanya.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini