5 Ciri Skincare Tidak Cocok Pada Kulit Kamu, Kenali Gejala dan Faktor Penyebab

×

5 Ciri Skincare Tidak Cocok Pada Kulit Kamu, Kenali Gejala dan Faktor Penyebab

Bagikan berita
Artis Punya Bisnis Skincare. (Instagram/felicyangelista_)
Artis Punya Bisnis Skincare. (Instagram/felicyangelista_)

  • kulit sangat berminyak
  • Pori-pori membesar
  • Produk 

    Hindari sabun dengan pH alkalin yang mengikis pH alami kulit sehingga membuat kulit semakin kering. Selain itu hindari produk skincare dengan kandungan alkohol, dioxane, paraben, petroleum/petrolatum, sodium lauryl sulfate (SLS), diethanolamine (DEA), monoethanolamine (MEA), dan triethanolamine (TEA), pewarna dan pewangi sintetis,

    1. Fotosensitivitas
    Fotosensitivitas adalah kondisi ekstrim kulit saat terpapar sinar matahari dan sumber cahaya lain. Sensitif terhadap UV dan cahaya ini bisa memicu timbulnya kulit terbakar jika terpapar dalam waktu lama. Dampak lain dari fotosensitivitas adalah kerusakan kulit dan kanker kulit.

    Faktor Penyebab

    Reaksi fotosensitivitas ini terjadi salah satunya karena terkena produk skincare yang mengandung zat yang mengubah kimiawi. Ada dua macam fotosensitivitas, yakni fototoksik dan fotoalergi.

    Untuk fototoksik, reaksi yang timbul akibat penggunaan obat (doxycycline dan tetracycline) tergantung dari jumlah bahan yang dipakai atau seberapa besar paparan sinar UV di beberapa bagian tubuh seperti wajah, tangan, dan leher. Ruam kulit seperti terbakar muncul sekitar 24 jam setelah terkena matahari.

    Fotoalergi merupakan reaksi yang muncul akibat efek samping obat dan akibat pemakaian produk kosmetik, skincare, dan sunscreen. Jika kamu menggunakan produk skincare tidak cocok, kamu bisa mengalami fotoalergi yang timbul selang beberapa hari atau minggu setelah pemakaian.

    Dan yang lebih buruk lagi, meski pemakaian sudah dihentikan, kamu masih bisa mengalami rasa sensitif dari paparan sinar matahari yang berlangsung lama selama beberapa tahun.

    Editor : Redaksi
    Tag:
    Bagikan

    Berita Terkait
    Terkini