Tobatenun Gelar Pameran Tenun Batak di Adiwastra 2022, Ekosistem Budaya & Masyarakat

Ă—

Tobatenun Gelar Pameran Tenun Batak di Adiwastra 2022, Ekosistem Budaya & Masyarakat

Bagikan berita
Tobatenun Gelar Pameran Tenun Batak “Ekosistem Budaya & Masyarakat” di Adiwastra 2022
Tobatenun Gelar Pameran Tenun Batak “Ekosistem Budaya & Masyarakat” di Adiwastra 2022

Sekadar mengetahui bahwa tagline Tobatenun yaitu Bangga Bertenun, Bangga Berbudaya.

Pameran Tenun Batak Ekosistem Budaya & Masyarakat

Pameran Tobatentun di Adiwastra 2022 mendapat tiga ruang. Masing-masing mengisahkan perjalanan Tobatenun.

1. Ruang legacy yang memberikan penjelasan tentang filosofi dan pergerakan budaya dan gambaran bagaimana penggunaan tenun Batak dalam kehidupan masyarakat Batak. Pada ruangan ini juga menampilkan koleksi Ulos lawas Pinusaan.

2. Ruang innovation bercerita tentang komitmen Tobatenun dalam merevitalisasi tenun Batak secara bertanggung jawab (sustainable), pengembangan motif-motif kontemporer turunan dari motif tenun Batak, hingga informasi terkait ekosistem Tenun di Sumatera Utara.

3. Ruangan community menampilkan kekuatan ekosistem tenun berbasis komunitas dan kelompok kerja, dimana Tobatenun memiliki rumah komunitas partonun Jabu Bonang serta kampanye tentang fair trade dan transparansi bisnis bagi perajin.

Tampak  Tobatenun menampilkan koleksi tenun (tekstil dan produk mode) karya inovasi perajin dari kelompok binaan Jabu bonang.

Tidak itu saja memberikan informasi secara artikulatif kepada pengunjung Adiwastra Nusantara. Mulai pilar, tujuan, dan fokus dari Tobatenun.

Pameran Tobatenun di 2022 ini mengangkat Ekosistem Budaya dan Masyarakat sebagai wujud konsistensi untuk terus memberikan edukasi publik terkait revitalisasi ragam tekstil dan ekosistem masyarakat budaya. (*)

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini