Sejarah Perpustakaan Kayu di Cina dan Pengaruh Wood Kelahiran Elba

×

Sejarah Perpustakaan Kayu di Cina dan Pengaruh Wood Kelahiran Elba

Bagikan berita
Gambar Perpustakaan Boone, 1920-an. Itu dibangun sebagai awal dari Sekolah Perpustakaan Boone.
Gambar Perpustakaan Boone, 1920-an. Itu dibangun sebagai awal dari Sekolah Perpustakaan Boone.

Ketika melihat kembali masa lalu negara Genesee, ada banyak suara yang sering diabaikan dan tampaknya kurang dihargai. Seperti perjuangan Mary Elizabeth Wood.

Uniknya kisah Mary  di antara yang lain dari Genesee County, karena kisahnya jauh lebih diingat di belahan dunia lain daripada di rumah sini.  Marry sebenarnya dihormati di China untuk pengembangan sistem perpustakaan negara itu.

Pengaruhnya di sana sangat besar, tetapi awal mula kehidupan Mary dimulai di sini.

Mary Elizabeth Wood lahir di Elba (salah satu pulau di Toscana, Italia, 20 km dari kota Grosseto. Pulau terbesar di Semenanjung Toscana, dan pulau terbesar ketiga Italia) pada 22 Agustus 1861 hasil pernikahan Edward Farmer dan Mary Jane Wood. Semasa muda Mary Elizabeth Wood pernah menghadiri pertemuan antar pelajar swasta dan termasuk pelajar lokal di Batavia (ibu kota Hindia Belanda, kini Jakarta, Indonesia).

Perpustakaan berkembang pesat, dan dalam beberapa tahun koleksinya telah berkembang menjadi total 12.000 volume.

Wood memperluas upaya penjangkaran perpustakaannya dengan membuka ruang baca perpustakaan untuk masyarakat umum dan menawarkan auditoriumnya sebagai tempat kuliah umum. Dia juga mulai mengoleksi buku perjalanan dari karya-karya bahasa Inggris yang diterjemahkan ke dalam bahasa Mandarin untuk digunakan di sekolah-sekolah pemerintah Tiongkok.

Wood dan mantan siswanya fokus pada penyebaran sumber daya perpustakaan seluas mungkin dengan "perpustakaan keliling" yang berkembang ke banyak kota lain.

Selain itu, Mary Elizabeth Wood bertekad untuk memajukan tujuan pustakawan profesional di Cina. Pada tahun 1914 dan 1917 Wood mengirim siswa ke luar negeri untuk menerima pelatihan perpustakaan di Sekolah Perpustakaan Perpustakaan Umum New York, dengan harapan akan kembali dan memicu minat yang lebih besar, dan akhirnya mendirikan sekolah perpustakaan di Cina.

Pada saat ini, Sekolah Boone telah berkembang menjadi universitas, sekolah perpustakaan pada awalnya akan didirikan sebagai departemen di dalam perguruan tinggi.

Wood membuka Sekolah Perpustakaan Boone pada tahun 1920. Dari tahun 1922 hingga 1928, total 45 siswa lulus dari Sekolah Perpustakaan Boone, dan sebagian besar memasuki karier di perpustakaan nasional dan akademik di Cina. Pada tahun 1924, ia melakukan perjalanan ke Washington, D.C. untuk mempersenstasikan pengalamannya lebih dari 500 senator dan anggota kongres dalam petisi untuk mengalokasikan $6 juta dari Boxer Indemnity Fund untuk pengembangan perpustakaan umum di Cina.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini