Memahami Tema, Logo, Filosofi dan Sejarah Hari Pahlawan 2021

×

Memahami Tema, Logo, Filosofi dan Sejarah Hari Pahlawan 2021

Bagikan berita
Logo Hari Pahlawan 2021 (Kementerian Sosial)|
Logo Hari Pahlawan 2021 (Kementerian Sosial)|

Menolong

  • Simbol menolong yang dimuat dalam logo Hari Pahlawan bermakna pengorbanan para pahlawan untuk menolong orang lain, di mana mereka rela mengorbankan kenyamanan diri sendiri.
Bendera Merah Putih

  • Bendera merah putih adalah simbol bangsa Indonesia. Bendera menjadi warisan yang harus dijaga dengan mewujudkan tujuan bernegara, yaitu melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Kepalan Tangan

  • Kepalan tangan yang dimuat dalam logo Hari Pahlawan bermakna simbol keteguhan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Generasi saat ini diharapkan dapat memiliki keteguhan yang sama dalam mempertahankan kemerdekaan.

Sejarah Singkat Hari Pahlawan 2021

Sejarah Hari Pahlawan menukil laman situs resmi Pemerintah Kota Semarang, terjadi pertempuran besar antara tentara Indonesia dan pasukan Inggris di Surabaya pada 10 November 1945. Pertempuran ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Pertempuran merupakan salah satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah revolusi nasional dan menjadi simbol nasional atas perlawan terhadap kolonialisme. Setelah gencatan senjata ditandatangani pada 29 Oktober 1945, keadaan berangsur-angsur mereda. Baca juga: Wajib Tahu, 8 Pahlawan Asal Aceh

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini