Memahami perbedaan Kristen dan Nasrani, Berikut Penjelasannya

×

Memahami perbedaan Kristen dan Nasrani, Berikut Penjelasannya

Bagikan berita
Ornamen penyaliban Yesus yang terdapat di dalam gereja, Kamis (24/12/2020). Miliaran umat kristen dan katolik di dunia merayakan Natal walau dalam situasi pandemi Covid-19 tahun ini, kebaktian sambut Natal di berbagai daerah di Indonesia juga dilakukan se
Ornamen penyaliban Yesus yang terdapat di dalam gereja, Kamis (24/12/2020). Miliaran umat kristen dan katolik di dunia merayakan Natal walau dalam situasi pandemi Covid-19 tahun ini, kebaktian sambut Natal di berbagai daerah di Indonesia juga dilakukan se

Dan pada ayat selanjutnya, yang masih menjelaskan tentang orang Nasrani, mengatakan bahwa orang-orang itu berusaha untuk melanggar kekudusan bait Allah Tritunggal. Sehingga mereka akan ditangkap dan dihakimi menurut hukum Taurat. Istilah Nasrani tersebut merupakan julukan dari orang Yahudi untuk pengikut-pengikut Yesus, karena Yesus berasal dari Nazareth maka orang Yahudi menyebut pengikut-Nya sebagai Nasrani. Sekilas, dari gambaran singkat mengenai Nasrani, kita bisa paham seperti apa pandangan masyarakat tentang orang Nasrani pada jaman itu. Lalu, apakah benar bahwa Kristen sama dengan Nasrani? Mari baca lebih lanjut untuk lebih jelasnya.

Kemudian, kita akan mengarah ke kata Kristen. Dalam Alkitab Perjanjian Baru, kata Kristen disebutkan sebanyak tiga kali, yaitu pada Kisah Para Rasul 11:26, Kisah Para Rasul 26:28, 1 Petrus 4:16. Pada Kisah Para Rasul 11:26 menceritakan kepada kita mengenai penyebutan kata Kristen untuk pertama kali, yaitu kata yang ditujukan kepada murid-murid yang memberitakan bahwa Yesus adalah Tuhan. Namun, apakah kata Kristen sama dengan Nasrani?

Kata Nasrani adalah julukan orang Yahudi kepada pengikut Yesus, namun tentu saja pengikut-pengikut itu bukan orang yang sama dengan murid murid Yesus pada Kisah Para Rasul 11:26 karena kebanyakan murid-murid Yesus bukan orang Nazareth. Dari sini kita mendapat kesimpulan pokok, yaitu bahwa orang-orang yang dinamakan Nasrani oleh orang Yahudi bukanlah menjadi murid Kristus.

Baca juga : Libur Natal dan Tahun Baru di Agam, Polres Gelar Tactical Wall Game

Nah, sekarang kita akan lebih fokus ke salah satu topik, yaitu asal-usul kata Nasrani supaya kita lebih mampu memahami perbedaan Kristen dan Nasrani.

Asal-Usul Nasrani

Pertama kita akan berbicara mengenai kata Nasrani yang adalah Kitab Kisah Para Rasul 25:5. Ternyata, Nasrani dimaksud oleh ayat tersebut adalah sekte Yahudi yang sudah ada sebelum Yesus lahir. Sekte tersebut menganut mistik gnostik. Apabila kita melihat manuskrip-manuskrip Nag Hamadi, kita dapat mengetahui bahwa di sana banyak dituliskan mengenai sekte gnostik ini.

Lalu apa itu gnostik? Gnostik adalah suatu sekte yang mempercayai bahwa tubuh adalah penjara jiwa yang memisahkan tubuh dengan roh. Pemahaman tersebut dipengaruhi oleh filsafat Platonis. Sebenarnya, orang Kristen di sekitar Arab pada masa awal juga menganut gnostik yang percaya bahwa Yesus hanya luarnya manusia, tapi manusia pura-pura.

Baca juga: Amankan Natal dan Tahun Baru, Polresta Padang Terjunkan 528 Personel

Dan dengan kehadiran kekristenan, tidak mustahil juga bahwa orang-orang dari sekte Narsani ini menganut ajaran Yohanes pembabtis yang mungkin sesuai dengan paham mereka. Namun, kekristenan mereka berbeda dengan kekristenan yang menganut Yesus Kristus. Tetapi orang-orang Yahudi menyamakan semua orang Kristen dengan sebutan Nasrani.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini