Selain Saham, Ini 5 Produk Pasar Modal Indonesia yang Wajib Diketahui

×

Selain Saham, Ini 5 Produk Pasar Modal Indonesia yang Wajib Diketahui

Bagikan berita
Ilustrasi pergerakan saham. (Foto: Dok. Pixabay)
Ilustrasi pergerakan saham. (Foto: Dok. Pixabay)

Perusahaan yang menerbitkan obligasi mempunyai kewajiban untuk membayar bunga secara reguler sesuai dengan jangka waktu yang telah ditetapkan serta pokok pinjaman pada saat jatuh tempo.

Keuntungan yang didapat dari opbligasi adalah bunga dengan jumlah serta waktu yang telah ditetapkan, capital gain, dapat dikonversi menjadi saham (untuk obligasi konversi), memiliki hak klaim pertama pada saat emiten di likuidasi.

Kerugian yang bisa timbul dari obligasi adalah gagal bayar, capital Loss dan callability.

Baca juga: Sepuluh Saham Dengan Market Cap Terbesar Di Bursa Efek Indonesia

3. Bukti Right

Bukti Right diberikan kepada pemilik saham lama untuk membeli saham baru perusahaan dengan harga dan dalam periode tertentu.

Keuntungan yang didapat dari bukti right adalah capital gain dengan leverage, jika bukti right ditukar dengan saham baru, capital gain yang diperoleh di Pasar Sekunder.

Kerugian yang bisa timbul adalah capital loss dengan leverage dan capital loss yang diperoleh di Pasar Sekunder.

Baca juga: 5 Saham yang Paling Banyak Dibuang Asing Selama Oktober 2020

4. Warant

Warant merupakan sekuritas yang melekat pada penerbitan saham ataupun obligasi, yang memberikan hak kepada pemiliknya untuk membeli saham perusahaan dengan harga danpada jangka waktu tertentu.

Keuntungan yang didapat dari warant adalah capital gain dengan leverage, jika waran dikonversikan menjadi saham dan Capital Gain yang diperoleh di Pasar Sekunder.

Editor : Redaksi
Tag:
Bagikan

Berita Terkait
Terkini